Firmansyah, Rizqi (2025) PENGARUH KEGIATAN ROHANI ISLAM (ROHIS) TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 10 KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Rizqi Firmansyah
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Judul : Pengaruh Kegiatan Rohani islam ( ROHIS) terhadap hasil belajar
Pendidikan agama islam siswa sekolah menengah atas 10 kota Jambi
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kegiatan rohani Islam
(Rohis) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa di Sekolah
Menengah Atas (SMA) di 10 kota Jambi. Kegiatan Rohis yang terdiri dari berbagai
aktivitas keagamaan seperti pengajian, shalat berjamaah, dan kegiatan sosial
keagamaan diyakini dapat mempengaruhi pemahaman dan praktik ajaran agama, yang
pada gilirannya berdampak pada hasil belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaran
PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional,
di mana data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada siswa yang terlibat
aktif dalam kegiatan Rohis. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan positif yang
signifikan antara tingkat partisipasi siswa dalam kegiatan Rohis dengan peningkatan
hasil belajar PAI. Siswa yang aktif dalam kegiatan Rohis cenderung memperoleh nilai
yang lebih baik dalam ujian PAI dibandingkan dengan siswa yang kurang terlibat
dalam kegiatan keagamaan tersebut. Temuan ini memberikan gambaran bahwa
kegiatan Rohis dapat berperan sebagai salah satu faktor pendukung yang memperkuat
pemahaman agama siswa, serta meningkatkan hasil belajar mereka dalam pendidikan
agama Islam. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya peran kegiatan Rohis
dalam mendukung prestasi akademik siswa.
Kata kunci:Kegiatan Rohis, hasil belajar, Pendidikan Agama Islam,
SMA,pengaruh.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 02:43 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 02:43 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3196 |