Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGARUH HARGA BARANG DAN PENGGUNAAN SHOPEE PAYLATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (Studi Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah UIN STS JAMBI)

Amin, Muhamad Nasrul (2025) PENGARUH HARGA BARANG DAN PENGGUNAAN SHOPEE PAYLATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (Studi Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah UIN STS JAMBI). Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Perkembangan teknologi digital telah mengubah pola konsumsi masyarakat,
termasuk mahasiswa. Shopee PayLater sebagai layanan kredit digital memberikan
kemudahan dalam berbelanja secara online, namun juga dapat mendorong perilaku
konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga barang dan
penggunaan Shopee PayLater terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Program
Studi Ekonomi Syariah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Metode penelitian
yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel penelitian
terdiri dari 89 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling.
Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji regresi linear
berganda dengan bantuan software SPSS versi 30. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa harga barang dan penggunaan Shopee PayLater secara simultan berpengaruh
signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Secara parsial, penggunaan
Shopee PayLater memiliki pengaruh yang lebih dominan dibandingkan dengan
harga barang. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 53,3% mengindikasikan
bahwa kedua variabel independen ini berkontribusi terhadap perilaku konsumtif,
sedangkan 46,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian
ini. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya peningkatan literasi keuangan
syariah bagi mahasiswa agar dapat lebih bijak dalam menggunakan layanan kredit
digital. Selain itu, regulasi yang lebih ketat dari pihak terkait diperlukan untuk
mengendalikan dampak negatif dari layanan kredit berbasis digital terhadap
perilaku konsumtif.
Kata Kunci: Harga Barang, Shopee PayLater, Perilaku Konsumtif, Mahasiswa,
Ekonomi Syariah

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 25 Aug 2025 02:35
Last Modified: 25 Aug 2025 02:35
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3192

Actions (login required)

View Item
View Item