Rohmah, Siti (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI SMP NU HIDAYATUL MUBTADI-IEN. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project
Based Learning (PjBL) dengan pendekatan STEM terhadap kreativitas siswa pada
materi pesawat sederhana. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat
kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA, terutama karena pembelajaran masih
didominasi oleh metode ceramah dan kurangnya pendekatan kontekstual.
Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain
nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari
dua kelas VIII di SMP NU Hidayatul Mubtadi-ien yang dipilih secara acak, yaitu
kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol.
Instrumen penelitian berupa soal uraian dan rubrik penilaian proses desain yang
telah divalidasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan
antara kreativitas siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model PjBL
berbasis STEM dibandingkan dengan pembelajaran PjBL tanpa pendekatan
STEM. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project
Based Learning dengan pendekatan STEM berpengaruh positif dalam
meningkatkan kreativitas siswa pada materi pesawat sederhana.
Kata Kunci: Project Based Learning, STEM, Kreativitas Siswa, Pesawat
Sederhana
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 02:32 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 02:32 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3190 |