Khoiriah, Putri (2025) PENERAPAN METODE FREE EXPRESSION UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 165/VIII SUMBER ARUM KAB.TEBO. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Putri Khoiriah
Prodi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul : Penerapan Metode Free Expression Untuk Meningkatkan
Kreativitas Peserta didik Dalam Pembelajaran Seni Rupa Kelas II
SD Negeri 165/VIII Sumber Arum Kabupaten Tebo
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Free
Expression dalam meningkatkan proses belajar dan meningkatkan kreativitas
peserta didik pada Pembelajaran Seni Rupa kelas II Sekolah Dasar Negeri
165/VIII Sumber Arum Kabupaten Tebo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas. Penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini, yaitu peserta didik kelas II Sekolah
Dasar Negeri 165/VIII Sumber Arum Kabupaten Tebo. Instrumen penelitian ini,
yaitu lembar observasi pendidik, lembar observasi peserta didik, tes unjuk kerja,
dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini dengan teknik analisis
kualitatif dan kuantitatif. Adapun hasil penelitian, yaitu 1.Terjadi peningkatan
proses pembelajaran yang dapat dilihat dari lembar observasi pendidik pada
Siklus I Pertemuan 1, yaitu 72,5, nilai Siklus I Pertemuan II, yaitu 80, nilai Siklus
II Pertemuan I, yaitu 85, dan nilai Siklus II Pertemuan II, yaitu 95. Selanjutnya,
nilai hasil lembar observasi peserta didik Siklus I Pertemuan 1, yaitu 70, nilai
Siklus I Pertemuan II, yaitu 77,5, nilai Siklus II Pertemuan I, yaitu 85, dan nilai
Siklus II Pertemuan II, yaitu 92,5, (2) Terjadi peningkatan kreativitas peserta didik
dalam Pembelajaran Seni Rupa yang dapat dilihat pada hasil nilai tes unjuk kerja.
Pada tahap Pra-siklus nilai rata-rata 68,6 pada ketegori kurang baik, meningkat
pada Siklus I, yaitu 78 pada kategori Cukup Baik dan meningkat pada Siklus II,
yaitu 87 pada ketegori Baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode
Free Expression dapat meningkatkan kreativitas peserta didik pada Pembelajaran
Seni Rupa kelas II Sekolah Dasar Negeri 165/VIII Sumber Arum Kabupaten Tebo.
Kata Kunci: Metode Free Expression, kreativitas peserta didik, Pembelajaran
Seni Rupa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 04:19 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 04:19 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3188 |