Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

EFEKTIVITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN KELILING DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIAPAN KABUPATEN BATANGHARI PROVINSI JAMBI

Huljannah, Melza (2024) EFEKTIVITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN KELILING DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIAPAN KABUPATEN BATANGHARI PROVINSI JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Melza Huljannah. 2025. Nim. 404200209. Efektivitas Layanan Perpustakaan
Keliling Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsiapan Kabupaten Batanghari
Provinsi Jambi. Skripsi Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab
dan Humaniora. Pembimbing I : Athiatul Haqqi, S.Ag.,S.IPI.,M.I.Kom dan
Pembimbing II : Siti Asiah Wahyuni, H.SS.,M.Hum.
Program Perpustakaan Keliling di Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan
Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi yang menyediakan sarana perpustakaan
keliling. Perpustakaan ini mengalami kendala pada penyediaan staf dalam
menyediakan perpustakaan keliling, jangkauan mobil perpustakaan mobil keliling
belum bisa menyentuh perpustakaan sekolah-sekolah yang ada di kabupaten
Batanghari dan kurangnya dana trasportasi. Dan perpustakaan keliling kabupaten
Batanghari beroperasi lima kali dalam sebulan, dalam sekali perjalanan perpustakaan
keliling mendatangi dua tempat yang berbeda dengan durasi satu sampai satu
setangah jam pada satu tempat pemberhentian. Untuk mobil perpustakaan keliling
dioperasikan oleh tiga orang termasuk supir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui efektivitas pelayanan perpustakaan keliling di Dinas Perpustakaan dan
Kearsipan Kabupaten Batanghari, untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam
pelayanan perpustakaan keliling di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten
Batanghari Jambi, untuk mengetahui upaya mengatasi kendala dalam layanan
perpustakaan keliling di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Batanghari
Jambi. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data
penelitian ini diambil dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi untuk
mendeskripsikan efektivitas pelayanan perpustakaan keliling di dinas perpustkaan dan
arsip Batanghari Provinsi Jambi. Dalam menganalisis data, analisis data adalah proses
mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara,
catatan lapangan, dan dokumentasi, dengan cara mengorganisasikan data kedalam
kategori, menjabarkan kedalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun kedalam
pola, memelihara mana yang penting dan yang akan dipelajari, dan membuat
kesimpulan sehingga mudah dipahami oleh diri sendiri maupun orang lain, peneliti
menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan pelayanan perpustakaan
keliling, petugas mampu dan dapat menjalankan tujuannya dalam efektivitas
pelayanan di perpustakaan keliling batanghari seperti Kesesuaian Lokasi dan jadwal
pelayanan, Memaksimalkan Waktu pelayanan, Kelengkapan koleksi buku walaupun
dari layanan tersebut belum sepenuhnya tercapai. Dengan kerja sama menjalin
hubungan yang baik juga dapat membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi
oleh petugas dalam pelayanan perpustakaan keliling. Kemudian Kendala dalam
layanan perpustakaan keliling di perpustakaan dan kearsipan kabupaten Batanghari
adalah masih rendahnya kualitas sumberdaya manusia dan Koleksi buku yang kurang
memadai. Dan upaya perpustaaan di dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten
Batanghari dalam meningkatkan sumber daya manusia yaitu dengan melakukan
pelatihan sumber daya manusia dan menyediakan koleksi yang dibutuhkan pemustaka
(siswa).
Kata Kunci: Efektifitas, layanan Perpustakaan Keliling, Perpustakaan

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 21 Aug 2025 04:15
Last Modified: 21 Aug 2025 04:15
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3186

Actions (login required)

View Item
View Item