Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBANTUAN BLEND SOFTWARE PADA MATERI TRANSFORMASI BANGUN GEOMETRI TERINTEGRASI MOTIF BATIK INCUNG KERINCI UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Defistri, Tiara (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBANTUAN BLEND SOFTWARE PADA MATERI TRANSFORMASI BANGUN GEOMETRI TERINTEGRASI MOTIF BATIK INCUNG KERINCI UNTUK SISWA SMP KELAS VII. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Nama : Tiara Defistri
Program Studi : Tadris Matematika
Judul : Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Blend
Software Pada Materi Transformasi Geometri
Terintegrasi Motif Batik Incung Kerinci untuk Siswa
SMP Kelas VII

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta
didik, khususnya dalam materi transformasi geometri. Salah satu penyebabnya
adalah kurangnya media pembelajaran interaktif yang relevan dengan budaya
lokal, sehingga peserta didik kesulitan memahami konsep secara kontekstual.
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menilai
kelayakan, kepraktisan, serta keefektifan video pembelajaran berbasis
etnomatematika dengan menggunakan motif Batik Incung Kerinci. Penelitian ini
menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan model
pengembangan ADDIE yang mencakup tahap Analisis, Desain, Pengembangan,
Implementasi, dan Evaluasi. Instrumen penelitian meliputi angket validitas,
angket kepraktisan, angket respon guru dan peserta didik, serta lembar tes. Data
dianalisis menggunakan skala Likert. Hasil validasi menunjukkan bahwa video
pembelajaran yang dikembangkan memiliki kategori "Sangat Valid" dari ahli
materi (92,8% dan 87,1%), ahli media (94%), serta ahli bahasa (98% dan 94%).
Kepraktisan video dinilai "Sangat Praktis" oleh guru (90%) dan "Praktis" oleh
peserta didik (93,5% dan 90,1%). Selain itu, hasil tes menunjukkan seluruh
peserta didik mencapai ketuntasan belajar dengan kategori "Sangat Efektif".
Dengan demikian, temuan penelitian ini menunjukkan bahwa video pembelajaran
berbasis etnomatematika efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik
dan sangat sesuai digunakan dalam pembelajaran matematika yang kontekstual
dan bermakna
Kata Kunci : ADDIE, Batik Incung Kerinci, Etnomatematika, Transformasi
Geometri, Video Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 21 Aug 2025 03:41
Last Modified: 21 Aug 2025 03:41
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3177

Actions (login required)

View Item
View Item