Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA KEPADA PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTA JAMBI

Sholahuddin Febry, Rachmat (2025) UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA KEPADA PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Nama : Rachmat Sholahuddin Febry
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Judul : Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Nilai-nilai
Moderasi Beragama kepada Peserta Didik di Madrasah
Tsnanawiyah Negeri 2 Kota Jambi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses yang dilakukan oleh guru
Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama kepada peserta
didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif-kualitatif untuk menggambarkan
langkah-langkah implementasi, hambatan, serta dampak yang dihasilkan dari upaya
guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penanaman nilai-nilai moderasi
beragama dilakukan baik di dalam maupun di luar kelas. Di dalam kelas, guru
mengintegrasikan nilai-nilai moderasi beragama seperti toleransi, keadilan,
keseimbangan, dan musyawarah dalam materi pembelajaran serta metode
pengajaran yang interaktif. Sementara itu, di luar kelas, upaya ini diperkuat melalui
berbagai kegiatan ekstrakurikuler, peringatan hari besar nasional dan keagamaan,
serta pembiasaan sikap moderat dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan
madrasah. Kendala yang dihadapi meliputi kurangnya pemahaman peserta didik
akibat pengaruh lingkungan serta dampak negatif dari informasi ekstrem di media
sosial. Meski demikian, upaya guru menunjukkan hasil positif, di mana peserta
didik mulai memahami dan menerapkan sikap moderat dalam beragama. Sinergi
antara guru, madrasah, dan kegiatan ekstrakurikuler turut memperkuat pemahaman
moderasi beragama di sekolah.
Kata Kunci: Moderasi Beragama, Guru Akidah Akhlak, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 21 Aug 2025 03:39
Last Modified: 21 Aug 2025 03:39
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3176

Actions (login required)

View Item
View Item