Shintya Dewi, Zahra (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAKOTA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Zahra Shintya Dewi
Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul : Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dakota
Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika
Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Jambi
Tujuan dari kajian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh proses
pembelajaran siswa dengan menggunakan media pembelajaran Dakota dan untuk
mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran
Dakota dengan siswa yang tidak menggunakan media Dakota pada mata
pembelajaran matematika kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Jambi.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif true experiments design
dengan model pre-test post-test control group. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah tes pilihan ganda dengan 10 soal. Adapun subjek penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Jambi, dengan
jumlah populasi sebanyak 5 kelas. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yang
dibagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Temuan penelitian
menujukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kelas kontrol dan
kelas ekperimen. Nilai rata-rata post-test yang diperoleh dari kelas kontol sebesar
67,59 dan kelas ekperimen sebesar 80,67. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat
perbedaan nilai rata-rata (mean) post-test antara kelas kontrol dan kelas ekperimen
yakni sebesar 13,08. Selanjutnya dari hasil uji independen sample t-test, diketahui
nilai Sig. (2 p-value) sebesar <0,001. Sesuai kaidah pengambilan keputusan dalam
uji independen sampel t-tes bahwa nilai sig. (2 p-value) < 0,05 atau <0,001 < 0,05
dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis H0 di tolak dan Ha diterima karena
terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar post-test antara kelas
kontrol dan kelas ekperimen. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
signifikan penggunaan media pembelajaran Dakota terhadap hasil belajar siswa
mata pelajaran matematika materi KPK dan FPB kelas IV Madrasah Ibtidaiyah
Negeri Kota Jambi.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Dakota, Hasil Belajar, KPK dan FPB
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 03:33 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 03:33 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3173 |