Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AHMAD DAHLAN

Anugrah Mareta, Dwinta (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AHMAD DAHLAN. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Dwinta Anugrah Mareta
Nim : 204210156
Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Project Based
Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi
Sains Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Ahmad
Dahlan

Literasi sains adalah kemampuan menggunakan pengetahuan tentang alam
untuk menjelaskan fenomena yang biasa terjadi. Salah satu model pembelajaran
yang dapat meningkatkan literasi sains ialah model pembelajaran berbasis proyek.
Pembelajaran dengan membuat proyek akan lebih mudah diterima oleh siswa dari
pada tugas-tugas yang menurut mereka membosankan dan kurang menarik.
Pembelajaran berbasis proyek bisa dilakukan dengan model pembelajaran Project
Based Learning. Maka tujuan dari penelitian ini ialah untuk memahami
bagaimana penerapan dan pengaruh pembelajaran berbasis Project Based
Learning dalam meningkatkan kemampuan literasi sains pada pembelajaran IPAS
kelas IV SDIT Ahmad Dahlan
Jenis penelitian ini adalah Classroom action research (Penelitian Tindakan
Kelas). Subjek penelitian ini adalah kelas IV SDIT Ahmad Dahlan. yang
berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan
cara observasi, tes tertulis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan
menerapkan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan
kemampuan literasi Sainssiswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS di SDIT
Ahmad Dahlan dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus
I memperoleh persentase 68,23% dan mengalami peningkatan yang signifikan
pada siklus II menjadi 82,42 %. dengan kategori baik. Pada siklus ke II
penelitian ini berhasil meningkatkan kemampuan literasi Sains siswa dimana telah
memenuhi atau mencapai kriterian keberhasilan yang telah ditetapkan. Dari hasil
penelitian tersebut maka terbukti dengan menerapkan model Project Based
Learning dapat meningkatkan kemampuan literasi Sains siswa kelas IV SDIT
Ahmad Dahlan.
Kata Kunci: Project Based Learning, Literasi, Sains

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 21 Aug 2025 03:24
Last Modified: 21 Aug 2025 03:24
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3169

Actions (login required)

View Item
View Item