Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD DALAM MENINGKATKAN HAFALAN MUFRODAT BAHASA ARAB SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA TARBIYAH ISLAMIYAH JELUTUNG KOTA JAMBI

Nilma Sopha, Putri (2025) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD DALAM MENINGKATKAN HAFALAN MUFRODAT BAHASA ARAB SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA TARBIYAH ISLAMIYAH JELUTUNG KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak

Nama : Putri Nilma Sopha
Nim : 204210186
Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul : Penerapan Media Pembelajaran Flash Card Dalam Meningkatkan
Hafalan Mufrodat Bahasa Arab Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta
Tarbiyah Islamiyah Jelutung Kota Jambi
Adapun permasalahan yang terjadi sulitnya siswa memahami makna kata bahasa
arab pada saat guru melafalkan kosa kata maupun kalimat menggunakan bahasa arab
dikarenakan siswa menganggap pembelajaran ini sulit karena bahasa yang mereka
pelajari bukan bahasa sehari-harinya sehingga minimnya pembendaharaan kosa kata
siswa. Skripsi ini membahas tentang meningkatkan kemampuan menghafal mufrodat
siswa kelas IV pada mata pelajaran bahasa arab materi cita-citaku dengan menerapkan
media pembelajaran flash card di madrasah ibtidaiyah swasta tarbiyah islamiyah jelutung
kota jambi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memudahkan siswa dalam
meningkatkan kemampuan hafalannya melalui media pembelajaran flash card. Penelitian
ini menggunakan metode tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dan MC.
Taggart melalui empat tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi dan (4)
refleksi. Penelitian ini terdiri dari observasi awal dan 2 siklus. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Sampel
penelitiannya adalah siswa kelas IV yang berada di MIS Tarbiyah Islamiyah jelutung kota
jambi tahun 2024/2025 yang berjumlah 14 orang. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Hasil pada penelitian
ini menyatakan adanya peningkatan kemampuan menghafal mufrodat, hal ini dibuktikan
dengan persentase pra siklus yaitu 21%, lalu persentase siklus I pertemuan I menunjukkan
36% siswa yang tuntas, kemudian siklus I pertemuan II berada pada 50%, siklus I
mengalami peningkatan namun tidak pesat meningkatnya dan belum mencapai persentase
ketuntasan, kemudian siklus II pertemuan I menjadi 64%, belum juga sampai pada
persentase ketuntasan, kemudian dilanjutkan pada siklus II pertemuan II menunjukkan
85% siswa yang tuntas. Temuan penelitian ini menyatakan bahwa dengan menerapkan
media flash card dapat meningkatkan kemampuan menghafal pada mata pelajaran bahasa
arab dengan materi cita-citaku.
Kata kunci: flash card, hafalan, bahasa arab

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 21 Aug 2025 02:39
Last Modified: 21 Aug 2025 02:39
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3153

Actions (login required)

View Item
View Item