Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA PADA MATERI GERAK LURUS DI MAN 1 KOTA JAMBI

Nurjanah, Kuswatun (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA PADA MATERI GERAK LURUS DI MAN 1 KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nurjanah, Kuswatun. 2025. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir kritis dan Sikap Tanggung
Jawab Siswa pada Materi Gerak Lurus di MAN 1 Kota Jambi. Skripsi,
Program Studi Tadris Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas
Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Pembimbing I: Dr. Sukarno,
M.Pd.I dan pembimbing II: Krisna Suryanti, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran
berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap tanggung jawab
siswa pada materi gerak lurus di MAN 1 Kota Jambi. Penelitian ini merupaakan

penelitian kuantitatif metode kuasi eksprimen dengan desain penelitian non-
equivalent control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas XI dengan jumlah

53 siswa, serta kelas dipilih menggunakan teknik cluster sampling. Instrumen
pengumpulan data meliputi 10 soal tes kemampuan berpikir kritis dan 20 soal
angket sikap tanggung jawab. Analisis data dilakukan dengan menggunakan

statistik inferensial, dibantu oleh aplikasi MS Excel dan IBM SPSS 23. Hasil uji N-
gain menunjukkan bahwa rata-rata nilai N-gain score untuk kemampuan berpikir

kritis siswa kelas eksperimen lebih tinggi (N-gain score: 0,40) dibandingkan dengan
kelas kontrol (N-gain score: 0,32). Hal ini menunjukkan bahwa model
pembelajaran Problem Based Learning lebih efektif dalam meningkatkan
kemampuan berpikir kritis dengan peningkatan dalam kategori sedang. Selain itu,
rata-rata nilai N-gain score untuk sikap tanggung jawab di kelas eksperimen juga
lebih tinggi (N-gain score: 0,44) dibandingkan dengan kelas kontrol (N-gain score:
0,35), yang menunjukkan efektivitas model pembelajaran ini dalam meningkatkan
sikap tanggung jawab siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji
MANOVA diperoleh nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05
menunjukkan bahwa model PBL memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
kemampuan berpikir kritis dan sikap tanggung jawab siswa. Untuk uji korelasi
antara variabel kemampuan berpikir kritis dan sikap tanggung jawab siswa,
menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,024 lebih kecil dari 0,05 artinya terdapat
hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan sikap tanggung jawab siswa.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh antara model pembelajaran
problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap tanggung
jawab siswa pada materi gerak lurus di MAN 1 Kota Jambi.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir
Kritis, Sikap Tanggung Jawab, Gerak Lurus.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 21 Aug 2025 02:34
Last Modified: 21 Aug 2025 02:34
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3150

Actions (login required)

View Item
View Item