Isma Rohayani, Siti (2024) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL BERBANTUAN APLIKASI CANVA DESIGN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Siti Isma Rohayani
Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul : Pengembangan Modul Elektronik Berbasis
Kearifan Lokal Pada Mata Pelajaran Matematika
Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan guru dalam
kegiatan belajar mengajar yang dapat digunakan sebagai pendukung kebutuhan
untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika.
Memberkan dorongan kepada peneliti untuk melakukan pengembangan modul
elektronik berbasis kearifan lokal berbantuan aplikasi canva design pada mata
pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode Research and
Development (R&D) dengan model pengembangan menggunakan model Plomp
yang terdiri dari 5 tahap, yaitu (1) investigasi awal, (2) desain, (3)
realisasi/konstruksi, (4) tes, evaluasi, revisi, dan (5) implementasi. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan, praktikalitas,
dan peningkatan minat belajar. Data yang diperoleh berasal dari pengisian
lembar validasi para ahli, angket dan wawancara. Hasil pengembangan berupa
modul elektronik mendapatkan nilai pada uji praktikalitas pada siswa
mendapatkan hasil 92% berada dalam kategori sangat praktis dan uji
praktikalitas pada guru dengan hasil 93,8% dengan hasil sangat praktis. Modul
elektronik berbasis kearifan lokal dinilai dapat digunakan dalam mengingkatkan
minat belajar berdasarkan analisis dari presentase rata-rata minat belajar sebelum
penggunaan modul elektronik berbasis kearifan lokal sebesar 51%, meningkat
menjadi 87% setelah penerapan modul elektronik berbasis kearifan lokal.
Kata Kunci : Modul Elektronik, Kearifan Lokal, Minat Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 04:23 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 04:23 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3146 |