Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS ASAS ISLAMIYAH KOTA JAMBI

Salsabila, Elsa (2024) PENERAPAN METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS ASAS ISLAMIYAH KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Elsa Salsabilla
Prodi : Pendidikan Agama Islam
Judul Skripsi : Penerapan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MTs Asas
Islamiyah Kota Jambi

Latar belakang masalah yang terjadi di MTs Asas Islamiyah Kota Jambi yaitu
rendahnya hasil belajar siswa mata Pelajaran Aqidah Akhlak yang disebabkan
karena adanya peserta didik yang tidak fokus ketika belajar Aqidah Akhlak
dikarenakan terjadinya beberapa faktor diantaranya teman-teman yang berisik
didalam kelas, merasa bosan karena tidak mengerti akan materi pembelajarannya,
mengantuk didalam kelas karena penyampaian materi yang monoton oleh guru
dengan minimnya pengetahuan guru akan strategi dan metode yang cocok, metode
ceramah yang digunakan oleh guru secara terus menerus menyebabkan kebosanan
pada peserta didik sehingga hasil belajarpun terhambat. Tujuan dari penelitian ini
yaitu agar dapat menganalisis apakah metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil
belajar mata Pelajaran aqidah akhlak di MTs Asas Islamiyah Kota Jambi. Jenis
penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Resaerch) secara
kolaboratif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs Asas
Islamiyah Kota Jambi yang berjumlah 15 orang. Desain penelitian ini mengacu
pada Penelitian Tindakan Kelas menurut kemmis Dan Taggart yang meliputi empat
tahap yaitu : (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan (4) Refleksi. Data
yang diperoleh dengan menggunakan: perangkat penelitian, tes tertulis, observasi
dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan
metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dilihat dari tes yang
awalnya 33,3% meningkat menjadi 46,7% pada siklus 1 pertemun pertama dan
menjadi 53,3% siklus 1 pertemuan kedua dan meningkat lagi pada siklus II
pertemuan pertama 73,3% dan menjadi 93,3% pada siklus II pertemun kedua dan
pada siklus ke III juga mendapatkan nilai 93,3%sehingga dapat di simpulkan bahwa
penerapan metode pembelajaran Jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar siswa
pada mata Pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII A MTs Asas Islamiyah Kota Jambi.
Sebagaimana dibuktikan dengan skala yang ada dibawah ini :
Presentase rata-rata Kategori
81% - 100% Sangat Baik
61% - 80% Baik
41% - 60% Sedang
21% - 40% Buruk
<21% Sangat Buruk

Kata kunci : Hasil Belajar, Metode Jigsaw, Aqidah Akhlak

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 20 Aug 2025 04:06
Last Modified: 20 Aug 2025 04:06
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3142

Actions (login required)

View Item
View Item