Adawiyah, Radiatul (2024) PENERAPAN METODE TARTIL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 26 BATANG ASAI SAROLANGUN PROVINSI JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Radiatul Adawiyah
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Judul :Penerapan Metode Tartil Dalam Meningkatkan
Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di Sekolah
Menengah Pertama Negeri 26 Batang Asai Sarolangun
Penelitian ini dilatar belakangi dengan Masih kurangnya kemampuan siswa
dalam membaca Al-Qur’an secara tartil atau menurut makhroj dan tajwid itu kurang
baik,. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yakni lansung terjun ke
lapangan dan mendiskripsikan fenomena, informasi dan data yang ada di lapangan
terkait dengan apa yang yang dilakukan. Sumber data dalam penelitian ini adalah
Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam dan Siswa. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 26 Sarolangun.
Teknik pengumpulan data yaitu Observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil
penelitian ini adalah Proses belajar membaca Al-Qur’an dengan metode tartil
melalui serangkaian kegiatan. Kegiatan Awal Pembuka dan Penutup. Proses
Pembelajaran bacaan Al-Qur'an dengan cara guru menulis materi di papan tulis
Kemudian menyampaikan materi dan mempraktikkan cara membaca dan keluarnya
huruf hijaiyyah berdasarkan makhorijul hurufnya dengan baik dan benar. Faktor
pendukung dan penghambat dalam proses belajar mengajar dengan metode tartil
yaitu Pertama, Pasilitas memadai. Kedua, program sekolah mendukung. Ketiga,
Peran Orang tua dan Guru. Ke empat, Motivasi. Adapaun Faktor penghambat,
petama Latar Belakang siswa berbeda-beda. Kedua, keterbatasan waktu. Ketiga,
Lingkungan sekolah. Ke empat, pengaruh Teknologi. Kelima, sifat Malas dari
siswa. Peningkatan belajar membaca Al-Qur’an dengan metode tartil, Adapun
kemampuan membaca Al-Qur’an siswa sudah mulai baik. Hal ini terlihat
bacaannya lebih pasih bacaan siswa dari pada sebelumnya dalam membaca Al-
Qur’an dengan benar sesuai ilmu tajwid, dan mengerti tentang hukum-hukum
bacaan yang ada dalam Al-Qur’an
Kata Kunci : Metode Tartil, Al Qur’an, Siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 03:59 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 03:59 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3138 |