Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-IHSANIYAH DI MUARO JAMBI

Hasan, Tho'at (2024) PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-IHSANIYAH DI MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Thoat Hasan : Tho’at Hasan
NIM : 201200101
Program Studi : Pendidikan Islam
Judul : Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Learning
Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata

Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Al-
Ihsaniyah :

Tho’at, Hasan 2024: “Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Learning
Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah
Akhlak Kelas VIII MTs Al-Ihsaniyah Desa Sarang Burung Kec. Jaluko
Kab. Muaro Jambi”. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Jurusan Pendidikan
Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah Uversitas Sulthan Thaha Saifuddin
Jambi. Pembimbing (I) Tabroni, S.Ag, M.Pd (II) Arif Wiratama, M.Pd.
Kata Kunci : Metode Cooperative Learning, Hasil Belajar
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dikelas VIII 2 MTs Al-Ihsaniyah
yang terletak di Desa Sarang Burung dengan jumlah siswa kelas VIII sebanyak 24
orang yang terdiri dari 12 laki-laki dan 12 orang perempuan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII 2 MTs Al-Ihsaniyah Desa Sarang
Burung pada materi Adab bersosial media dalam pandangan islam dengan
menggunakan Metode Cooperative Learning. Metode pembelajaran yang peneliti
gunakan dalam pelaksanaan PTK ini adalah dengan menggunakan metode
cooperative learning, maka hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII 2 akan
dapat ditingkatkan terutama pada materi Adab bersosial media dalam pandangan
islam. Selama ini metode pembelajaran yang digunakan tidak bervariasi dan tidak
menarik dan hanya menggunakan metode yang monoton sehingga hasil belajar
siswa tidak dapat ditingkatkan dan tidak mencapai kriteria (KKM) ketuntasan
minimal yang ditetapkan.
Penelitian ini dilaksanakan lebih kurang selama tiga bulan mulai dari tanggal
22 Januari sampai dengan tangal 22 Maret 2024 melalui dua siklus. Nilai rata-rata
siswa sebelum tindakan yaitu 56,75 dengan ketentuan jumlah siswa yang belum
berhasil sebanyak 19 orang atau 79,16% dan jumlah siswa yang tuntas 5 orang
siswa atau 20,83%. Pada siklus I nilai Rata-rata yang diperoleh hanya 69 dengan
ketentuan jumlah siswa yang belum tuntas sebanyak 11 orang atau 45,83% dan
jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 orang atau 54,16%. Namun pada siklus II
hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan dan telah mencapai bahkan
melebihi standar kelulusan minimal yang ditetapkan. Rata-rata nilai siswa yang
diperoleh adalah 83,58 dengan ketentuan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 23
orang atau 95,83% dan siswa yang belum tuntas 2 orang atau 8,33%.Sehubungan
dengan telah meningkatnya hasil belajar siswa pada siklus II, maka penelitian yang
berjudul Penerapan Metode Cooperative Learning Dalam Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Ihsaniyah Desa

xii

Sarang Burung Kec. Jaluko Kab. Muaro Jambi. Dengan materi Adab bersosial
media dalam pandangan islam” Ini peneliti anggap berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 20 Aug 2025 03:48
Last Modified: 20 Aug 2025 03:48
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3137

Actions (login required)

View Item
View Item