Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

UPAYA GURU QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 KECAMATAN SAROLANGUN KABUPATEN SAROLANGUN

Afriadi, Rizki (2024) UPAYA GURU QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 KECAMATAN SAROLANGUN KABUPATEN SAROLANGUN. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Rizki Afriadi
NIM : 201200112
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Judul : Upaya Guru Quran Hadis Dalam Meningkatkan
Kemampuan Membaca Al-Quran di Madrasah
Tsanawiyah Negeri 4 Kecamatan Sarolangun Kabupaten
Sarolangun

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran al-Qur‟an
Hadits di MTs N 4 Sarolangun, kemudian juga mengetahui kendala dalam
pembelajaran al-Qur‟an Hadits di MTs N 4 Sarolangun.serta bertujuan untuk
mengetahui solusi kendala dalam pembelajaran al-Qur‟an Hadits di MTs N 4
Sarolangun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan
data yang menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam
hal ini subyek penelitiannya yaitu: Kepala madrasah, Ustadz/Guru qur‟an Hadits
serta siswa kelas VIII. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya pelaksanaan
pembelajaran Qur‟an Hadits dalam membantu meningkatkan kemampuan
membaca al-Qur‟an siswa dimulai dengan membiasakan peserta didik untuk
membaca doa paling lama 2 sampai 3 menit kemudian kami mengajak peserta
didik membaca minimal 1 surah, hal tersebut bertujuan untuk mengetahui tingkat
keimanan dan kemauan peserta didik dalam meningkatkan kemampuan membaca
al-Qur‟an peserta didik.Kemudian ditemukan juga bahwasanya kesulitan yang di
hadapi oleh siswa-siswi MTs N 4 Sarolangun di dalam mata pelajaran al-Qur‟an

dan Hadits, ialah yang pertama adalah kesulitan di dalam membaca ayat al-
Qur‟an atau Hadits (mengaji), yang kedua adalah kesulitan di dalam penulisan

huruf Arab, dan yang ke tiga adalah kesulitan dalam proses menghafal ayat al-
Qur‟an yang di berikan oleh guru mata pelajaran, yang ke empat adalah suasana

kelas yang yang ribut menjadikan suasana gaduh. Solusi yang dilakukan guru
Qur‟an Hadist dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qur‟an melalui: a.
Kegiatan Belajar Mengajar b. Bimbingan Kelompok c. Kegiatan ektrakulikuler
baca tulis al-qur‟an (BTA) dan d. Penambahan sarana dan prasarana.
Kata Kunci: Upaya Guru, Kemampuan Siswa, Membaca Al-Quran

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 20 Aug 2025 03:44
Last Modified: 20 Aug 2025 03:44
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3135

Actions (login required)

View Item
View Item