Hasanah, Imaratul (2024) PENGEMBANGAN VIDEO MODELPEMBELAJARANSENTRA SENI BERBASIS BUDAYA LOKAL MENGGUNAKAN APLIKASI CAPCUTDI TAMAN KANAK-KANAK CAHAYAHATI DESA TELUK RENDAH ILIR KECAMATAN TEBO ILIR KABUPATEN TEBO. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Imaratul Hasanah
Nim : 209200025
Jurusam/Prodi : Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Judul : Pengembangan Video Model Pembelajaran Sentra Seni
Berbasis Budaya Lokal Menggunakan Aplikasi CapCut Di
Taman Kanak-Kanak Cahaya Hati Desa Teluk Rendah Ilir
Kecamatan Tebo Ilir Kabupaten Tebo
Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan video model
pembelajaran sentra seni berbasis budaya lokal Menggunakan Aplikasi CapCut Di
Taman Kanak-Kanak Cahaya Hati Desa Teluk Rendah Ilir Kecamatan Tebo Ilir
Kabupaten Tebo yang dapat digunakan sebagai panduan pembelajaran sentra seni
yang berbasis budaya lokal. Berdasarkan observasi yang dilakukan penggunaan
model di Taman Kanak-Kanak Desa Teluk Rendah Ilir rata-rata 72% menggunakan
model pembelajaran kelompok, 21% menggunakan model pembelajaran sentra, 7%
masih menggunakan model pembelajaran area, dan untuk model pembelajran
klasikal sendiri biasanya hanya digunakan saat membuka pembelajaran yang
sedang berlangsung. Penelitian pengembangan ini menggunakan tahapan-tahapan
Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model ADDIE. Instrumen
yang digunakan berupa lembar penilaian atau angket penilaian video
pembelajaran untuk ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dosen, guru dan mahasiswa.
Hasil penelitian menunjukkan lima langkah ADDIE. Dalam tahap analysis
(analisis) peneliti melakukan kegiatan observasi untuk mengetahui permasalahan
yang yang terjadi di lapangan. Dengan adanya panduan pembelajaran sentra guru
dapat membuat rancangan pembelajaran sentra alam dengan menarik yang sesuai
dengan budaya lokal yang ada di sekitar anak. Pada tahap Design (Desain) peneliti
membuat rancangan kegiatan kerja, alur cerita yang akan disampaikan atau
membuat rancangan kegiatan yang dibutuhkan pada proses kegiatan yang
dibutuhkan pada pembuatan desain. Pada tahap development (Pengembangan)
video divalidasi oleh tim. Selanjutnya pada tahapan Implement (Pelaksanaan),
media yang telah di uji cobakan kepada responden yang terdiri dari Dosen, Guru
Taman Kanak-Kanak, dan Mahasiswa UIN STS Jambi mendapatkan respon positif.
Pada tahap Evaluation (Evaluasi) yaitu perbaiki media di setiap tahapnya untuk
menentukan perepsi para responden. Berdasarkan hasil produk yang telah dibuat
yang telah di validasi, telah di revisi dan sudah di uji coba maka video animasi yang
berjudul Sejarah Desa Teluk Rendah ini bisa dikatakan layak untuk di tonton.
Kata Kunci : Video animasi, ragam budaya, pembelajaran sentra
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 03:20 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 03:20 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3125 |