Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA PELAJARAN FIQIH DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTA JAMBI

Rahman, Muhammad Zaki (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA PELAJARAN FIQIH DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTA JAMBI. Masters thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Bahan ajar erat kaitannya dengan pembelajaran di dalam kelas,
yang mana dalam bahan ajar itu membutuhkan inovasi sesuai dengan
kebutuhan. Hal ini juga terjadi pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota
Jambi, salah satunya yakni pengembangan bahan ajar fikih dalam
memotivasi belajar siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana
Pengembangan bahan ajar fikih di kelas XI Madrasah Tsanawiyah Negeri
2 Kota Jambi? 2. Bagaimana kelayakan bahan ajar fikih di kelas XI
Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Jambi? 3. Bagaimana efektivitas
bahan ajar fikih di kelas XI Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Jambi? 4.
Bagaimana hambatan dan solusi guru fiqih dalam mengembangkan bahan
ajar mata pelajaran fiqih dalam memotivasi belajar siswa di Madrasah
Tsanawiyah Negeri 2 Kota Jambi? Adapun tujuannya yaitu: 1.
Menghasilkan bahan ajar fikih di kelas XI Madrasah Tsanawiyah Negeri 2
Kota Jambi. 2. Untuk Mendeskripsikan dan menguji kelayakan bahan ajar
fikih di kelas XI Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Jambi. 3. Menguji
efektivitas bahan ajar fikih di kelas XI Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota
Jambi. 4. Untuk menganalisis bagaimana hambatan dan solusi dalam
mengembangkan bahan ajar mata pelajaran fiqih dalam memotivasi belajar
siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Jambi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Devolopment,
yang mengacu pada model Borg and Gall yang terbagi dalam 10 langkah
yaitu: 1 penelitian dan pengumpulan data, 2 perencanaan, 3
pengembangan draf produk, 4 uji coba lapangan awal, 5 merevisi hasil uji
coba, 6 uji coba lapangan, 7 penyempurnaan produk hasil uji lapangan, 8
uji pelaksanaan lapangan, 9 penyempurnaan produk hasil, 10 diseminasi
dan implementasi, namun pada tahap ini peneliti hanya menggunakan
metode 1-7 dikarenakan keterbatasan waktu yang peneliti miliki.
Hasil penilaian pengembangan dapat disimpulkan bahwa Bahan ajar
yang dikembangkan oleh peneliti berupa bahan ajar fikih menggunakan
penelitian dan pengembangan (R&D) model Borg and Gall. Ukuran produk
bahan ajar yang dikembangkan adalah ukuran kertas panjang 23 cm dan
lebar 17 cm, lebih ditambahkan variasi di cover, Serta gambar neraca pada
bagian belakangnya. Dan tidak lupa disertakan warna-warna yang menarik.
dalil-dalil Al-Qur’an maupun hadits ditambah, kemudian penulisan bahasa
arab menggunakan Traditional Arabic ukuran 14 pt. Bahan ajar ini divalidasi
oleh satu orang ahli, yaitu ahli isi/materi, ahli bahasa, dan dua ahli desain.
Dari uji validasi kelayakan tersebut rata-rata menghasilkan 85,32% dengan
kriteria bahwa bahan ajar tersebut layak untuk diteruskan dalam penelitian
dan pengembangan ini karena telah memenuhi standart minimal.
Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Mata Pelajaran Fiqih, Motivasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 20 Aug 2025 03:17
Last Modified: 20 Aug 2025 03:17
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3123

Actions (login required)

View Item
View Item