Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH SANTRIWATI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN DARUL ARIFIN JAMBI

Mupliha, Nabilatul (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH SANTRIWATI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN DARUL ARIFIN JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Nabilatul Mupliha
NIM : 201200046
Prodi : Pendidikan Agama Islam
Judul : “Penerapan Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads
Together) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Santriwati
Pondok Pesantren Darul Arifin Jambi.”

Latar belakang masalah yang terjadi di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren
Darul Arifin Jambi yaitu rendahnya hasil belajar santriwati pada mata pelajaran
Fiqih yang disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya Sebagian ada beberapa
santriwati yang tidak memperhatikan guru dalam menjelaskan pembelajaran dan
minimnya pengetahuan guru akan model pembelajaran yang cocok. Model yang
kurang bervariasi menyebabkan anak cenderung kurang semangat dan merasa
bosan sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan dari peneliti yaitu ingin
mengetahui lebih dalam dan menerapkan model pembelajaran yang baru yaitu
model pembelajaran Numbered Heads Together sehingga tujuan pembelajaran
dapat tercapai. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
(Classroom Action Research) secara kolaboratif. Subjek pada penelitian ini adalah
santriwati kelas VIII K MTs Pondok Pesantren Darul Arifin Jambi. Desain
penelitian ini mengacu pada desain pada penelitian tindakan kelas menurut
Kemmis dan Mc. Teggar yang meliputi empat tahap yaitu: (1) Perencanaan (2)
Tindakan (3) Pengamatan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together
meningkatkan hasil belajar santriwati. Dilihat dari setiap lembar observasi hasil
siswa yang dilakukan pada saat pra siklus, Siklus I dan Siklus II dengan
peresentase ketuntasan pra siklus sebesar 65,88% meningkat menjadi 69,23%
pada siklus I dan meningkat secara signifikan menjadi 80,00%. Aktivitas belajar
siswa pada siklus I yaitu 68,12% meningkat menjadi 85,62% pada siklus II.
Dengan demikian hasil penelitian di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren
Darul Arifin dengan baik.
Kata Kunci: Model Numbered Heads Together, Hasil Belajar, Fiqih

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 20 Aug 2025 03:07
Last Modified: 20 Aug 2025 03:07
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3118

Actions (login required)

View Item
View Item