Rahmanita, Rika (2024) PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS XI IPA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SAROLANGUN. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Rika Rahmanita (201201918)
Judul : Penggunaan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Fiqih di Kelas XI IPA
Madrasah Aliyah Negeri 2 Sarolangun
Penelitian ini membahas tentang penggunaan metode demonstrasi
dalam hal meningkatjan hasil belajar belajar siswa khususnya dalam mata
pelajaran Fiqih di kelas XI IPA MAN 2 Sarolangun. Metode demonstrasi
merupakan metode pembelajaran yang efektif, karena peserta didik dapat
mengetahui secara langsung penerapan materi tersebut dalam kehidupan
sehari-hari, ikut serta mencoba dan memperagakan cara penerapannya.
Dengan metode demonstrasi, proses penerimaan siswa terhadap pelajaran
akan lebih berkesan secara mendalam, sehingga membentuk pengertian
dengan baik dan sempurna. Juga siswa dapat mengamati guru selama proses
pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui
bagaimana penggunaan metode domonstrasi dalam meningkatkan hasil
belajar siswa dalam mata pelajaran Fiqih di MAN 2 Sarolangun. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penilaian
tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini terdiri dari observasi, tes, dokumentasi.
Adapun hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas XI IPA MAN 2
Sarolangun ini pada setiap siklus mengalami peningkatan dengan nilai rata-
rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 60,52% sedangkan nilai rata-rata
hasil observasi pada siklus I yaitu 44,1%, perolehan nilai rata-rata pada
siklus I belum mencapai tingkat keberhasilan dikarenakan situasi dan
kondisi siswa masih dalam tahap pengenalan menggunakan model
pembelajaran demonstrasi. Metode pembelajaran kelompok yang dilakukan
belum optimal, siswa masih banyak yang ribut, siswa belum terbiasa
dengan pembelajaran kelompok, siswa belum berani untuk menyampaikan
pendapat, maka dengan kelemahan yang ada pada siklus I, peneliti
berasumsi untuk melanjutkan penelitian pada siklus II. Pada siklus II nilai
rata-rata hasil belajar siswa yang diperoleh adalah 81% sedangkan nilai
rata-rata hasil observasi pada siklus II yaitu 77% dengan banyaknya
tindakan yang dilakukan untuk memperbaiki siklus sebelumnya disiklus II
nilai siswa bisa dikatakan sangat baik karena pada siklus I 11 siswa yang
tuntas dan 8 siswa tidak tuntas, sedangkan pada siklus II terdapat 16 siswa
tuntas dan 3 siswa yang tidak tuntas. Dilihat dari nilai rata-rata dapat
dikatakan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa dimana pada siklus I
terdapat 56% siswa yang tuntas dan 43% siswa yang belum tuntas,
sedangkan pasa siklus II terdapat 93% siswa tuntas dan 6% siswa yang
belum tuntas. Berdasarkan nilai rata-rata dan persentase hasil belajar dan
juga hasil observasi siswa, maka dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan
model pembelajaran demonstrasi pada mata pelajaran Fiqh materi Sholat
jenazah pada kelas XI IPA di MAN 2 Sarolangun mengalami peningkatan.
x
Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Siswa, Fiqih
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 03:03 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 03:03 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3117 |