Habibah, Nur (2024) EKSPLORASI GAYA BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) KELAS V DI MI QUHAS PRIMARY SCHOOL KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Nur Habibah
NIM : 204201892
Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Judul Skripsi : Analisis Gaya Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas V Di MI Quhas
Primary School Kota Jambi
Penelitian ini membahas tentang Gaya Belajar Siswa Pada Pembelajaran pembelajaran
Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas V di MI Quhas Primary School Kota
Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar siswa pada pembelajaran
Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas V di MI Quhas Primary School Kota
Jambi dan bagaimana strategi guru dalam mengakomodir pembelajaran dengan gaya
belajar siswa yang bervariasi pada pembelajaran IPAS kelas V di MI Quhas Primary
School. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar siswa kelas V bervariasi yaitu gaya
belajar visual, gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik. Kecenderungan
karakteristik setiap gaya belajar, yaitu visual cenderung mengandalkan alat indra mata
untuk menangkap informasi dari guru, membuat catatan ketika guru menjelaskan materi
pembelajaran, belajar lebih tertarik membaca dari pada dibacakan, dan selalu
mempersiapkan buku dan alat tulis di atas meja dengan rapi. Auditorial sering
memperhatikan penjelasan guru dan sering bertanya pada saat proses belajar-mengajar
berlangsung. Kinestetik, menyukai pembelajaran yang bersifat praktik secara langsung
dan eksperimen. Upaya guru dalam mengakomodir pembelajaran yang gaya belajar
siswa bervariasi dengan menggunakan metode pembelajaran yang menampilkan
gambar-gambar, vidio, dan media happy note. Siswa yang tipe belajarnya auditorial
dapat menggunakan metode yaitu mengubah materi pembelajaran menjadi sebuah lirik
lagu, tanya jawab, dan diskusi. Sedangkan siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik
dapat dilakukan dengan praktek langsung menggunakan metode kerja kelompok atau
eksperimen.
Kata Kunci: Gaya Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 02:48 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 02:48 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3110 |