Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTION DESIGN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH AL-HIDAYAH KOTA JAMBI

Mira Wati, Endang (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTION DESIGN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH AL-HIDAYAH KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Endang Mira Wati
NIM : 201201719
Prodi : Pendidikan Agama Islam
Judul : “Penggunaan Model Pembelajaran Meaningful Instruction Design
Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas
VIII Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Kota Jambi”.

Skripsi ini membahas tentang Penggunaan Model Pembelajaran Meaningful
Instruction Design Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas
VIII Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Kota Jambi, penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK), jenis pendekatan dengan menggunakan
pendekatan Mix Method. Dalam pengumpulan data menggunakan metode
observasi, Tes dan Dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk mengukur
aktifitas guru dan siswa setiap persiklusnya. Metode tes digunakan untuk
mengetahui kemampuan belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran
mengunakan model pembelajaran Meaningful Instruction Design, dan dokumentasi
digunakan untuk menggambarkan apa yang terjadi di dalam kelas pada waktu
pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, penggunaan
model pembelajaran Meaningful Instruction Design mampu meningkatkan hasil
belajar siswa kelas VIII MTs Al-Hidayah Kota Jambi yaitu pada siklus pertama
rata-rata nilai siswa 73,41 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 87,27.
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan model pembelajaran
Meaningful Instruction Design dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pokok
Akhlak Terpuji (Perilaku Husnudzan Tawadhu’, Tasamuh dan Ta’awun) dari nilai
post tes di setiap siklusnya.
Kata Kunci : Meaningful Instruction Design, Hasil Belajar, Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 19 Aug 2025 03:57
Last Modified: 19 Aug 2025 03:57
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3101

Actions (login required)

View Item
View Item