Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 8 MUARO JAMBI

Sari, Rosita (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 8 MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Rosita Sari
Nim : 201201853
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Scramble Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di
Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Muaro Jambi

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa kelas VIII.B Madrasah
Tsanawiyah Negeri 8 Muaro Jambi yang didapat masih relatif rendah. Hal ini
dikarenakan metode yang digunakan guru masih bersifat konvensional. Dalam hal ini,
penulis berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif scramble dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar
siswa pada pembelajaran Fiqih kelas VIII.B di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Muaro
Jambi. Jenis penelitian ini menggunakan tipe penelitian tindakan kelas yang terdiri dari
tiga siklus dan terbagi menjadi tiga pertemuan di setiap siklusnya. Lalu tiap siklus
terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan dan
tahap terakhir yaitu refleksi. Adapun teknik pengumpulan data berupa observasi, tes,
wawancara dan dokumentasi serta analisis data yang digunakan yaitu analisis data
kualitatif dan analisis data kuantitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan model pembelajaran kooperatif scramble dapat menuntaskan masalah
pembelajaran Fiqih dengan adanya perkembangan-perkembangan terhadap siswa yaitu
hasil belajar yang meningkat dari siklus I, siklus II dan siklus III. Hasil belajar pada

siklus I rata-rata nilai 63 dengan tingkat ketuntasan 56%, lalu siklus II terdapat rata-
rata nilai 73 dengan tingkat ketuntasan 78% dan mengalami peningkatan signifikan

pada siklus III menjadi 92 dengan tingkat ketuntasan 100%. Dari pernyataan diatas
dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif
scramble dapat meningkatkan hasil bealajar pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII.B
Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Muaro Jambi.

Kata Kunci: Model Scramble, Hasil Belajar, Fiqih

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 19 Aug 2025 03:32
Last Modified: 19 Aug 2025 03:32
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3093

Actions (login required)

View Item
View Item