Hasanah, Asy- Syifa (2024) PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 21 TANJUNG JABUNG TIMUR. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Asy-Syifa Hasanah
Nim : 201201829
Jurusan : Pendidikan agama Islam
Judul : Penggunaan Model Kooperatif Learning Tipe Teams Games
Tournament (TGT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan
Agama Islam Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Tanjung
Jabung Timur
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa dan
hasil belajar pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan sikap siswa yang
kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran, dan siswa pun terkadang merasa
bosan hal ini disebabkan karena suasana pembelajaran yang monoton dan cendrung
membosankan. Untuk itu penelitian ini perlu dilaksanakan dengan menggunakan
Penelitian Tindakan Kelas, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan siswa aktif dalam pembelajaran sehingga bisa meningkatkan hasil
belajar siswa menggunakan model pembelajaran teams games tournament (TGT)
pada materi Menjadi pribadi uang dapat dipercaya serta terhindar dari riba dalam
jual beli dan hutang-piutang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
model Kemmis & Mc.Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII
D. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulalitatif dan kuantitatif untuk
mendapatkan data dan analisis melalui observasi, tes formatif, wawancara dan
dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui 2 siklus yang dirancang
secara sistematis dan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi,
dan refleksi. Dari hasil penelitian tindakan kelas (PTK) siklus I sampai siklus II
dapat dilihat bahwa adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa, dan hasil belajar
pendidikan agama islam siswa dengan menerapkan model pembelajaran teams
games tournament (TGT) yaitu berdasarkan hasil analisis data aktivitas guru pada
siklus I menghasilkan 70,8% dan pada siklus II 88% maka aktivitas guru mengalami
peningkatan dengan kategori sangat baik, dan aktivitas siswa siklus I 60,2% pada
siklus II yaitu 83,3% maka aktivitas siswa dikategorikan sangat baik. Nilai rata-rata
siswa pada pra siklus adalah 69,5 dengan persentase ketuntasan 37%, nilai rata-rata
siklus I yaitu 74 dengan persentase ketuntasan 44,5% dan nilai ketuntasan siklus II
yaitu 80 sengan persentase ketuntasan 85% katagori sangat baik. Maka peneliti
menemukan bahwa model pembelajaran kooperatif learning tipe teams games
tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan setra hasil belajar siswa kelas
VIII D Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Tanjung Jabung Timur.
Kata Kunci : Model pembelajaran Teams Games Tournament, Pendidikan Agama
Islam,Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 03:28 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 03:28 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3092 |