Jupridah, Elly (2024) STRATEGI PEMASARAN SYARIAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN DI KAFE SAFIRA DESA PENINJAUAN KECAMATAN MARO SEBO ULU KABUPATEN BATANG HARI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui strategi pemasaran syariah
dalam meningkatkan minat beli konsumen yang di lakukan pemilik kafe safira di
desa peninjauan kecamatan maro sebo ulu kabupaten Batang hari. (2) Untuk
mengetahui kendala yang di hadapi dalam upaya meningkatkan minat beli
konsumen di kafe safira. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori yang dikemukakan
oleh Abuznaid merumuskan definisi pemasaran syariah yaitu, keputusan yang
bijaksana dalam rangka memuaskan kebutuhan pelanggan melalui perilaku yang
baik, menyuguhkan produk atau jasa yang sehat (halalan thoyyibah) dengan
persetujuan kedua belah pihak (penjual dan pembeli) guna mencapai
kesejahteraan material dan spiritual, dunia dan akhirat melalui dunia yang
beretika. Selain itu Teori yang digunakan Kotler, pemasaran merupakan cara
dimana perusahaan melibatkan konsumen, membangun hubungan baik dengan
konsumen dan menciptakan nilai untuk konsumen, sehingga mendapatkan nilai
atau respon yang baik dari konsumen dalam meningkatkan keuntungan dan
feedback konsumen. Adapun strategi pemasaran 4P yang digunakan yaitu, produk
(product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, strategi pemasaran yang dilakukan
oleh kafe safira dalam meningkatkan pendapatan dengan strategi produk mulai
dari penyempurnaan kualitas produk yang disajikan, kesehatan produk, kebersihan
produk dan kehalalan produk. Strategi harga, kafe safira telah menetapkan harga
yang terjangkau relatif murah, Harga yang ditawarkan kafe safira ini terjangkau
dan murah sesuai dengan perekonomian masyarakat desa peninjauan dan cocok
untuk semua kalangan remaja maupun dewasa. Strategi tempat, kafe safira
mengutamakan kebersihan tempat dan kenyamanan konsumen saat berada di kafe
safira. Strategi promosi, kafe safira tidak melakukan promosi lewat media sosial,
hanya melakukan promosi dari mulut ke mulut saja, tetapi tidak sedikit yang telah
mengetahui keberadaan kafe safira tersebut. sedangkan pendapatan yang diperoleh
oleh kafe safira masih relatif atau berubah-ubah yaitu tergantung pada keramaian
pengunjung.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran Syariah, Minat Beli Konsumen.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 03:02 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 03:02 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3085 |