Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGARUH LITERASI RELIGI DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 13 KOTA JAMBI

Qosim Al Masquri, Nanang (2024) PENGARUH LITERASI RELIGI DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 13 KOTA JAMBI. Masters thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Nama : Nanang Qosim Al Masquri
Nim : 801220040
Judul : Pengaruh Literasi Religi dan Sikap Ilmiah terhadap
Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah
Menengah Atas Negeri 13 Kota Jambi

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh literasi religi
terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XII Sekolah
Menengah Atas Negeri 13 Kota Jambi; 2) Mengetahui pengaruh sikap
ilmiah terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XII
Sekolah Menengah Atas Negeri 13 Kota Jambi; dan 3) Mengetahui
pengaruh literasi religi dan sikap ilmiah secara bersama-sama terhadap
hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XII Sekolah Menengah
Atas Negeri 13 Kota Jambi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian
ini berfokus pada siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas Negeri 13 Kota
Jambi yang terdiri dari total 179 siswa. Penelitian menggunakan teknik
random sampling sehingga memperoleh sampel penelitian sebanyak 124
siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes, kuesioner, dan
dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis yang digunakan adalah analisis
deskriptif, uji prasyarat analisis, uji regresi linier berganda, uji hipotesis,
dan uji koefesien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengaruh literasi religi
terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam memperoleh nilai
signifikansi sebesar 0,373 > 0,05, artinya tidak terdapat pengaruh yang
signifikan; 2) Pengaruh sikap ilmiah terhadap hasil belajar Pendidikan
Agama Islam memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,734 > 0,05, artinya
tidak ada pengaruh signifikan; 3) Literasi religi dan sikap ilmiah secara
simultan memperoleh nilai sebesar 0,667 > 0,05, artinya tidak ada
pengaruh simultan secara signifikan. Kemudian tingkat kepercayaan
pengaruh secara simultan sebesar 0,7% sisanya 99,3% dijelaskan oleh
variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Literasi Religi, Sikap Ilmiah, Hasil Belajar, Pendidikan
Agama Islam, Siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 19 Aug 2025 03:00
Last Modified: 19 Aug 2025 03:00
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3084

Actions (login required)

View Item
View Item