Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

STRATEGI GURU DALAM MENGAJARKAN PENDIDIKAN ISLAM KEPADA KORBAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI PONDOK PESANTREN REHABILITASI ISLAMI DESA MENDALO INDAH KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA KABUPATEN MUARO JAMBI

Pasaribu, Gumer (2024) STRATEGI GURU DALAM MENGAJARKAN PENDIDIKAN ISLAM KEPADA KORBAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI PONDOK PESANTREN REHABILITASI ISLAMI DESA MENDALO INDAH KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA KABUPATEN MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Gumer Pasaribu
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Judul : Strategi Guru Dalam Mengajarkan Pendidikan Islam Kepada
Penyalaguna Narkoba di Pondok Pesantren Rehabilitasi Islami
Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi

Skripsi ini membahas tentang strategi guru dalam mengajarkan pendidikan
islam kepada penyalaguna narkoba di Pondok Pesantren Rehabilitasi Islami
Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif, dengan metode penelitian deskriptif. Pengumpulan data
dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa strategi yang digunakan adalah strategi pembelajaran langsung,
yaitu strategi yang kadar berpusat pada gurunya tinggi. Tujuan pembelajarannya
yaitu bagi penyalaguna narkoba tingkatan ringan dan sedang, agar mereka dapat
memahami materi dan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bagi
penyalaguna narkoba tingkatan berat, agar ada aktivitas positif dalam kesehariannya.
Metode yang digunakan adalah metode ceramah, metode demonstrasi, dan metode
praktek. Media yang digunakan yaitu amplifier, papan tulis, dan buku materi
pembelajaran. Alokasi waktu dalam menyampaikan materi yaitu 4 X 1,5 jam selama
4 hari berturut-turut, waktunya yaitu pukul 09:00 – 10:35, dan tempatnya di masjid.
Urutan pembelajarannya yaitu dibuka dengan salam, berdo‟a, dan gambaran materi,
kemudian kegiatan inti, dan terakhir penutup. Kegiatan inti pada hari pertama dan
kedua menggunakan metode ceramah, hari ketiga dengan metode demonstrasi, dan
hari ke empat menggunakan metode praktek. Evaluasi nya dilakukan dengan
memberikan pertanyaan tentang pemahaman santri dan melihat langsung pada saat
mereka sholat.Faktor pendukung strategi adalah kondisi lingkungan, banyaknya
metode, alokasi waktu yang panjang. Faktor penghambatnya yaitu santri kurang tertib
dan malas-malasan diajak belajar. Cara mengatasi faktor penghambat yaitu dengan
diberikan hukuman.
Kata Kunci: Strategi, Pendidikan Islam, Penyalaguna Narkoba.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 19 Aug 2025 02:41
Last Modified: 19 Aug 2025 02:41
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3075

Actions (login required)

View Item
View Item