Mulyadi, Heru (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN NO.127/VI MUARA KIBUL II KABUPATEN MERANGIN. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Heru Mulyadi
NIM : 204190171
Judul Skripsi : Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN
No.127/VI Muara Kibul II Kabupaten Merangin.
Skripsi ini membahas tentang: penerapan model pembelajaran inkuiri
terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN No.127/VI
Muara Kibul II Kabupaten Merangin. Permasalahan dalam kegiatan
pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas belum seluruh siswa
mempunyai semangat belajar cukup tinggi, respon dan keinginan mereka
untuk belajar belum seluruhnya bagus, hanya sebagian siswa saja yang terlihat
memiliki motivasi belajar yang cukup baik ketika mengikuti pembelajaran.
Keadaan pembelajaran yang kurang diminati siswa terlihat dari hasil belajar
yang masih rendah dalam mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran
inkuiri terbimbing dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN
No.127/VI Muara Kibul II Kabupaten Merangin setelah mengikuti model
pembelajaran inkuiri terbimbing.
Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes,
observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data
menggunakan rumus persentase.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa penerapan model pembelajaran
Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN
No.127/VI Muara Kibul II Kabupaten Merangin. Hal ini berdasarkan keadaan
aktifitas belajar dalam memecahkan masalah seperti memperhatikan
penjelasan guru dalam mengurutkan gambar menjadi urutan logis, melakukan
pengamatan, berinteraksi dengan sesama dengan lebih aktif, kreatif serta
inovatif dalam memecahkan masalah, seluruh aktifitas tersebut sudah pada
predikat baik dan sangat baik dengan rata-rata persentase secara klasikal
berada diatas 80% dan melebihi kriteria ketuntasan minimal yang telah
ditentukan. Data menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri
terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN No.127/VI
Muara Kibul II Kabupaten Merangin.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing dan Hasil belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 02:32 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 02:32 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3070 |