Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN SUMBER BELAJAR BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IMAN PEMATANG GAJAH

Fauzan, Fauzan (2024) PENERAPAN SUMBER BELAJAR BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IMAN PEMATANG GAJAH. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Fauzan
NIM : 204190204
Prodi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul Skripsi : Penerapan Sumber Belajar Berbasis Lingkungan untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II MI Nurul Iman
Pematang Gajah

Penerapan sumber belajar berbasis lingkungan untuk meningkatkan hasil
belajar siswa kelas II MI Nurul Iman Pematang Gajah Penelitian dilaksanakan
dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini
bertujuan menjelaskan bagaimana penerapan dan apakah penerapan sumber
belajar berbasis lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MI
Nurul Iman Pematang Gajah?. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif,
dengan jenis data yaitu data primer dan sekunder sedangkan subjek penelitiannya
yaitu kepala sekolah, guru dan siswa Adapun metode pengumpulan data
menggunakan metode tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan analisis persentase untuk mengetahui keadaan aktifitas
belajar siswa dan hasil belajar siswa sehingga dapat diketahui keadaan hasil
belajar siswa. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penerapan sumber belajar
berbasis lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dilakukan dengan
melakukan tindakan dengan melakukan perecanaan pembelajaran, pelaksanaan,
observasi serta melakukan refleksi. Penerapan sumber belajar berbasis lingkungan
dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MI Nurul Iman Pematang Gajah
karena rata-rata hasil belajar telah mencapai 82% keberhasilannya secara klasikal
ketuntasanya, artinya keadaan hasil belajar yang meningkat dan mencapai KKM
yang telah ditentukan, hal ini menunjukkan bahwa kegiatan belajar siswa dalam
memanfaatkan sumber belajar berbasis lingkungan dapat meningkatkan hasil
belajar dan sesuai dengan yang diharapkan dalam penelitian.
Kata Kunci: Sumber Belajar Berbasis Lingkungan, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 19 Aug 2025 02:29
Last Modified: 19 Aug 2025 02:29
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3068

Actions (login required)

View Item
View Item