Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGGUNAAN METODE HALAQAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN NURUL HUDA KECAMATAN MARGO TABIR KABUPATEN MERANGIN PROVINSI JAMBI

RM, Qibtiya (2024) PENGGUNAAN METODE HALAQAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN NURUL HUDA KECAMATAN MARGO TABIR KABUPATEN MERANGIN PROVINSI JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama/NIM : Qibtiya Rm/201200041
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Judul Skripsi : Penggunaan Metode Halaqah Dalam Meningkatkan
Kemampuan Membaca Kitab Kuning di Pondok
Pesantren Nurul Huda Kecamatan Margo Tabir
Kabupaten Merangin Provinsi Jambi

Latar belakang masalah yang terjadi di Pondok Pesantren Nurul Huda
Kecamatan Margo Tabir Kabupaten Merangin Provinsi Jambi yaitu karena kurang
fasih dan lancarnya cara membaca kitab kuning pada mata pelajaran ta’lim
muta’allim yang disebabkan oleh minimnya pengetahuan guru/ustadz akan
strategi dan metode yang cocok dalam pembelajaran, metode sorogan yang
digunakan ustadz menyebabkan santri kurang paham, kurang semangat, dan
merasa bosan sehingga kemampuan dalam membacanya pun terhambat. Tujuan
dari peneliti yaitu ingin mengethaui lebih dalam dan menerapkan metode
pembelajaran yang baru tanpa meninggalkan metode yang lama yaitu dengan
metode halaqah sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research)
secara kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah santri kelas Tsanawiyah Pondok
Pesantren Nurul Huda Kecamatan Margo Tabir Kabupaten Merangin Provinsi
Jambi yang berjumlah 30 orang serta menggunakan metode pembelajaran halaqah
untuk meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning mata pelajaran ta’lim
muta’allim kelas Tsanawiyah Pondok Pesantren Nurul Huda Kecamatan Margo
Tabir Kabupaten Merangin Provinsi Jambi. Desain penelitian ini mengacu pada
desain penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Mc.Teggar yang meliputi
empat tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi.
Data yang diperoleh dengan menggunakan perangkat penelitian, tes, lembar
observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan
menerapkan metode halaqah dapat meningkatkan kemampuan membaca kitab
kuning santri seperti yang dilihat dari tes yang telah dilakukan pada saat pra
siklus, siklus I dan siklus II dengan nilai rata-rata awal pra siklus sebesar 61,5%
menjadi 71,33% pada siklus I dan meningkat secara signifikan menjadi 85,16%
pada siklus II. Aktifitas belajar santri pada siklus I yaitu 60,71% meningkat
menjadi 90% pada siklus II. Dengan demikian hasil penelitian di Pondok
Pesantren Nurul Huda Kecamatan Margo Tabir Kabupaten Merangin Provinsi
Jambi telah tercapai dengan baik.
Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Metode Halaqah, Kitab Kuning

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 13 Aug 2025 06:43
Last Modified: 13 Aug 2025 06:43
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3054

Actions (login required)

View Item
View Item