Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DI PONDOK PESANTREN SA’ADATUDDAREN TAHTUL YAMAN KOTA JAMBI

Al Ansori, Al Ansori (2024) IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DI PONDOK PESANTREN SA’ADATUDDAREN TAHTUL YAMAN KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak

Nama : Al Ansori
Prodi : Pendidikan Agama Islam
Judul : Implementasi Metode Sorogan Di Pondok Pesantren

Sa’adatuddaren Tahtul Yaman Kota Jambi

Pondok pesantren Sa’adatuddaren ini merupakan pondok pesantren yang
basiknya adalah salafiyah atau pondok kitab, Dari sini muncul permasalahan yaitu
masih ada sebagian santri yang belum bisa membaca kitab kuning. Maka dari itu
metode sorogan diterapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui
bagaimana Implementasi Metode Sorogan di Pondok Pesantren Sa’adatuddaren (2)
Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Metode Sorogan (3) Untuk
mengetahui pencapaian Metode Sorogan. pendekatan yang dilakukan ialah
pendekatan kualitatif yang bersifat Deskriptif. Teknik pengambilan data dalam
penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data di
dapat peneliti menganalisis data dengan reduksi data, penyajian data dan
kesimpulan. Hasil peneitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan metode
sorogan. a) Latar belakang dan tujuannya agar santri dapat membaca kitab kuning
dan disyi’arkan ke Masyarakat. b) langkah pembelajarannya dimulai dengan salam,
motivasi, teori, metode sorogan, penutup. (2) Kekurangan dan kelebihan,
Kelebihannya terletak pada kemampuan pengajar untuk secara langsung
memahami tingkat kemampuan bacaan santri dan adanya interaksi individu antara
ustadz dan santri. kekurangan, metode sorogan di pondok pesantren ini
menunjukkan keterbatasan waktu bagi guru dalam mengajar. Bagi santri minimnya
pemahaman tata bahasa Arab serta kurangnya minat dan motivasi. (3) Metode
sorogan di Pondok Pesantren Sa’adatuddaren, Kota Jambi, mencapai keberhasilan
hampir maksimal dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning santri.
Setiap tahun, pondok pesantren ini mengirimkan santri untuk berpartisipasi dalam
perlombaan tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, dan Nasional.
Kata Kunci : Implementasi, Metode Sorogan, Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 13 Aug 2025 06:32
Last Modified: 13 Aug 2025 06:32
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3050

Actions (login required)

View Item
View Item