Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE BERBASIS LITERASI ISLAM DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGRI 32 MUARO JAMBI

Aji Prasetyo, Rizki (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE BERBASIS LITERASI ISLAM DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGRI 32 MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Rizki Aji Prasetyo
NIM : 201200006
Prodi : Pendidikan Agama Islam
Judul : Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui
Model Think Pair Share Berbasis Literasi Islam Di Kelas VII
Sekolah Menengah Pertama Negeri 32 Muaro Jambi.

Latar belakang dari penelitian ini adalah di karenakan guru belum menerapkan
berbagai model pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama Islam,
sehingga siswa hanya mendengarkan dan mencatat penjelasan dari guru, sehingga
kurangnya interaksi dari siswa ke guru dan siswa antara siswa lain untuk
berpendapat maupun mengeluarkan argument dari para siswa. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pendidikan
agama Islam pada siswa di kelas VII SMP Negeri 32 Muaro Jambi melalui model
Think Pair Share berbasis literasi Islam penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas (PTK), Jenis pendekatan mengunakan pendekatan Mixed Method.
Dalam pengumpulan data mengunakan metode observasi, wawancara, tes hasil
belajar, dan dokumentasi. metode observasi digunakan untuk mengukur aktifitas
guru dan siswa setiap persiklusnya. Metode wawancara digunakan untuk
mengetahui pendapat dan gambaran di Sekolah Menengah Pertama Negeri 32
Muaro Jambi, metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan belajar siswa
setelah mengikuti model Think Pair Share berbasis literasi Islam, dan
dokumentasi digunakan untuk menggambarkan apa yang terjadi di dalam kelas
pada waktu pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa,
penggunaan model Think Pair Share berbasis literasi Islam mampu meningkatkan
hasil belajar siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negri 32 Muaro Jambi
yaitu pada siklus pertama rata-rata nilai siswa 71,89% dan mengalami
peningkatan pada siklus II menjadi 84,21%. Berdasarkan hasil analisis data
diperoleh , maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama
Islam dengan menggunakan model Think Pair Share berbasis literasi islam dapat
meningkatkan hasil belajar pada materi pokok Rukhsah; Kemudahan dari Allah
SWT dalam beribadah kepadanya dari nilai posttes di setiap siklusnya.
Kata Kunci: Think Pair Share, Literasi Islam, Hasil Belajar, Pendidikan Agama
Islam

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 13 Aug 2025 06:30
Last Modified: 13 Aug 2025 06:30
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3049

Actions (login required)

View Item
View Item