Jayatri, Tania (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV MIS NURUL YAQIN MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Tania Jayatri
NIM : 204201794
Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul :“Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV MIS Nurul Yaqin
Muaro Jambi”.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang masih kesulitan dalam menerapkan pelaksananan
pembelajaran P5 dikelas IV, penggunaan model yang kurang inovatif dan guru masih
menggunakan model pembelajaran konvensional dalam proses pembelajaran, siswa kurang aktif
dalam mengikuti pembelajaran sehingga siswa kurang menstimulus kemampuan berpikir kritisnya
dalam proses pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Tujuan dari penelitian
ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
terhadap kemampuan berpikir kritis melalui pembelajaran Pembelajaran Projek Penguatan Profil
Pelajar Pancasila (P5) kelas IV MIS Nurul Yaqin Muaro Jambi. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas IV MIS Nurul Yaqin Muaro Jambi terbagi menjadi dua kelas yang
berjumlah 54 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive
Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV A sebagai kelas eksperimen berjumlah 27
siswa dan kelas IV B sebagai kelas kontrol berjumlah 27 siswa. Instrumen penelitian ini dengan
menggunakan lembar tes berupa pilihan ganda. Teknik analisis data pada penelitian ini
menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh
terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, karena pada hasil analisis uji t (independent ttest)
diperoleh hasil nilai signifikansi (sig.2-tailed) 0,002 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Artinya, terdapat pengaruh penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila (P5) kelas IV MIS Nurul Yaqin Muaro Jambi. Hasil analisis data diperoleh rata-rata
(mean) setelah diberikan perlakuan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning
(PBL) di kelas eksperimen yaitu 73,52. Sedangkan siswa di kelas kontrol rata-rata (mean) tanpa
diberikan Model Pembelajaran Problem Based Learning yaitu 62,96. Sehingga siswa yang
mendapatkan perlakuan dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning
(PBL) memiliki ratarata yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan menggunakan model
pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Kemampuan berpikir
kritis siswa, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 04:34 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 04:34 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3038 |