Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NURUL MA’ARIF

Fatimah, Siti (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NURUL MA’ARIF. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

x
Nama : Siti Fatimah
Program Studi : Tadris Biologi
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a match
Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Madrasah Tsanwiyah Nurul
Ma’arif

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh skor hasil belajar IPA siswa
yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match,
Untuk mengetahui pengaruh skor hasil belajar IPA siswa yang diajar tidak
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match, untuk
mengetahui besar pengaruh signifikansi model pembelajaran kooperatif tipe make
a match terhadap hasil belajar di kelas VIII MTs Nurul Ma’arif. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yaitu
jenis Quasi Eksperimental dengan desain penelitian yaitu Posttest-Only Control
Design. Pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda. Berdasarkan analisis
data diperoleh hasil dikelas eksperimen menggunakan kooperatif tipe make a match
rata-rata aspek kognitif sebesar 78,18 sedangkan pada kelas kontrol rata-rata aspek
kognitif sebesar 67,45. Setelah dilakukan uji “t” di peroleh t0 atau ttest sebesar t0 =
3,11 lebih besar dari ttabel (baik pada taraf signifikan 5% ataupun 1%), dan effect
size untuk melihat penagruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match
terhadap hasil belajar. Dari perhitungan didapat adalah berdasarkan hasil
perhitungan, diperoleh besarnya effect size perlakuan yang diberikan adalah 0,98
dengan persentase 82% kategori tinggi. Jadi kesimpulannya Skor hasil belajar
siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match
diperoleh hasi rata-rata nilai posttestnya 78,18. Skor hasil belajar siswa yang tidak
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match diperoleh hasi
rata-rata nilai posttestnya 67,45. Besar pengaruh signifikansi model pembelajaran
tipe make a match di kelas VIII MTs Nurul Ma’arif Muaro Jambi yaitu dengan
sebeasar 0,98 atau 82% kategori tinggi Hal ini dapat dibuktikan dengan perhitungan
Uji t dimana thitung = 3,11 > t tabel dengan taraf signifikansi 5% yang berarti
hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, sedangkan Ho di tolak.
Kunci: Tipe make a match, IPA, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 13 Aug 2025 04:15
Last Modified: 13 Aug 2025 04:15
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3031

Actions (login required)

View Item
View Item