Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

MANAJEMEN BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SISWA DI MADRASAH SWASTA MAHDALIYAH KOTA JAMBI

Irwandi, M. (2024) MANAJEMEN BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SISWA DI MADRASAH SWASTA MAHDALIYAH KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : M. Irwandi
Jurusan : Manajemen Pendidikan Islam
Judul : Manajemen Bimbingan Konseling Dalam Pembentukan
Kepribadian Siswa di Madrasah Aliyah Swasta Mahdaliyah
Kota Jambi
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tiga aspek, yaitu: (1) Perencanaan
manajemen bimbingan konseling dalam membentuk kepribadian siswa di
Madrasah Aliyah Swasta Mahdaliyah Kota Jambi, (2) Pelaksanaan manajemen
bimbingan konseling dalam membentuk kepribadian siswa di Madrasah Aliyah
Swasta Mahdaliyah Kota Jambi, (3) Evaluasi manajemen bimbingan konseling
dalam proses pembentukan kepribadian siswa di Madrasah Aliyah Swasta
Mahdaliyah Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan
analisis dokumen di Madrasah Aliyah Swasta Mahdaliyah Kota Jambi. Penulis
mempresentasikan data kualitatif dengan mengunjungi langsung lokasi penelitian
untuk menggambarkan manajemen bimbingan konseling dalam pembentukan
kepribadian siswa. Data ini dianalisis dengan tahapan: (1) Pemadatan data, (2)
Pengumpulan data, (3) Presentasi data, dan (4) Penarikan kesimpulan. Validitas
data dikonfirmasi melalui triangulasi, memeriksa sumber data yang sama dengan
pendekatan yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan, pertama, perencanaan
manajemen bimbingan konseling dalam membentuk kepribadian siswa di
Madrasah Aliyah Swasta Mahdaliyah Kota Jambi terstruktur dengan baik. Ini
dilakukan pada awal setiap tahun bersamaan dengan anggaran pendapatan dan
belanja. Program tahunan bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru
dan mengembangkan kompetensi mereka dalam membentuk kepribadian siswa.
Kedua, pelaksanaan bimbingan konseling dalam membentuk kepribadian siswa di
Madrasah Aliyah Swasta Mahdaliyah Kota Jambi dilakukan secara efektif. Kepala
madrasah menerapkan model pembelajaran yang berkembang, meningkatkan
mutu pendidikan, dan mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif.
Ketiga, evaluasi bimbingan konseling dalam pembentukan kepribadian siswa di

Madrasah Aliyah Swasta Mahdaliyah Kota Jambi berjalan lancar. Langkah-
langkah pelaksanaan dan metode yang tepat digunakan untuk mencapai tujuan

evaluasi secara efektif.

Kata Kunci: Manajemen Bimbingan Konseling, Pembentukan Kepribadian.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 13 Aug 2025 03:37
Last Modified: 13 Aug 2025 03:37
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3018

Actions (login required)

View Item
View Item