Anita, Novia (2024) KEBIJAKAN BAURAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN CITRA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 MERANGIN PROVINSI JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Novia Anita
Jurusan : Manajemen Pendidikan Islam
Judul : Kebijakan Bauran Pemasaran Jasa Pendidkan dalam Meningkatkan
Citra Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Merangin
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan bauran pemasaran
jasa pendidikan yang dilakukan Madrasah untuk meningkatkan citra di
Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Merangin, untuk mengetahui gambaran citra
di Madrasah Tsanawiyah 4 Merangin, untuk mengetahui kendala yang
dihadapi dalam meningkatkan citra di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4
Merangin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan
pendekatan deskriptif eksploratif. Teknik pengumpulan data berupa observasi,
wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
Bentuk kebijakan Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Merangin untuk
meningkatkan citra Madrasah melalui 7P, yaitu Program (Program), Harga
(Price), Tempat (Place), Promosi (Promotion), Proses (process), Bukti Fisik
(physical facilities), Orang (people). Madrasah Tsanawiyah Negeri 4
Merangin memiliki citra positif melalui dua faktor utama. Pertama,
memastikan bahwa kurikulum yang dipakai tidak hanya memenuhi standar
nasional tetapi juga memberikan nilai tambah melalui program keagamaan dan
ekstrakurikuler yang beragam. Kedua, Pengembangan karakter siswa yang
meliputi aspek akademik dan non-akademik, seperti kegiatan ekstrakurikuler
yang menjadi wadah penting bagi siswa untuk mengembangkan potensi di luar
ruang kelas. mengintegrasikan nilai-nilai moral dan etika dalam setiap aspek
pendidikan. Kendala yang dihadapi dalam meningkatkan citra di madrasah
Tsanawiyah Negeri 4 Merangin ada 3 yaitu 1) letak Madrasah yang terletak di
pedesaan dengan tantangan akses jalan yang kurang memadai, mampu
memberikan pendidikan berkualitas melalui berbagai upaya yang dilakukan
oleh pihak Madrasah, 2) kurangnya SDM guru. Namun segala upaya yang
dilakukan pihak Madrasah agar citra Madrasah selalu baik di pandang
masyarakat, dan 3) fasilitas yang kurang lengkap yaitu keterbatasan fasilitas
lapangan olahraga, koleksi buku perpustakaan yang terbatas dan ruang baca
yang kurang nyaman.
Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Jasa Pendidikan, Citra Madrasah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 08:18 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 08:18 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/3006 |