Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

IMPLEMENTASI MUATAN SAINS TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM AS’AD KOTA JAMBI

Fani Akhtiar, Muhammad (2024) IMPLEMENTASI MUATAN SAINS TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM AS’AD KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Muhammad Fani Akhtiar
Program Studi : Strata Satu (S1)
Judul : “Implementasi Muatan Sains Terintegrasi Nilai-Nilai
Keislaman di Sekolah Dasar Islam As‟ad Kota Jambi.”.

Masalah Penelitian ini dilatar belakangi dari menganjurkan kepada kita semua harus
memamfaatkan Sumber daya alam dengan baik, mempelajari SAINS bukan hanya mengkaji teori
saja, ada yang lebih penting, yaitu terkait dengan bagaimana menerapkan sikap Peserta didik untuk
mencintai lingkungan, melestarikan alam dan mampu memaknai alam sesuai dengan nilai yang
ada. Nilai-Nilai Keislaman di Sekolah Dasar Islam As‟ad Kota Jambi serta untuk mendeskripsikan
Implemetasi dan kekurangan dan kelebihan Implementasi Muatan Sains Terintegrasi Nilai-Nilai
Keislaman di Sekolah Dasar Islam As‟ad Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif. Data penelitian ini diambil dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis
data, Implementasi muatan Sains terintegrasi nilai-nilai Islam di Sekolah sumber energi Air
dengan kegiatan mempraktekan Wudhu sebagai salah satu contoh atau bentuk dari sumber energi
air. Setelah mengetahui sumber energi air, diharapkan anak sholeh dan sholehah dapat melakukan
Wudhu dengan benar, yang kedua, setelah melakukan praktek wudhu, peserta didik dapat
menjelaskan konsep energi air dan pentingya air dalam kehidupan dan manfaat2nya. Salain itu,
anak sholeh dan sholehah diharapkan mampu memahami makna isi kandungan Q.S. Al Israa Ayat
90 tentang sumber Air, dan setelah mengetahui makna dari Q.S. Al Israa ayat 90, anak sholeh dan
sholehah dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan senantiasa
bertasbih dengan menyebut nama Allah, senantiasa bersyukur, sehingga kemudian bertambah
ketaatan dalam beribadah dan senantiasa berdoa atau memohon kepada Allah SWT. Dan
Kekurangan dalam implementasi Muatan Sains terintegrasi Nilai-Nilai Islam adalah Sumber Daya
Manusia yang belum Maksimal dan sarana, prasarana yang belum memadai. Kelebihannya
memberikan nilai ibadah, menghilangkan dikotomi ilmu umum dan ilmu agama, Sains ilmu
tidaklah netral melainkan adanya campur tangan nilai agama, menyempurnakan manusia dalam
beribadah kepada Allah SWT, dan siswa memahami bahwa baik ilmu maupun agama berasal dari
sumber yang sama, yaitu Allah SWT.
Kata Kunci: Implementasi, Sains, Nilai-nilai Islam

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 12 Aug 2025 08:02
Last Modified: 12 Aug 2025 08:02
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2999

Actions (login required)

View Item
View Item