Jelita, Jelita (2024) STRATEGI GURU KELAS DALAM MENGATAS KESULITAN BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN HEURISTIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 017/VII DESA PINTAS TUO KECAMATAN MUARA TABIR KABUPATEN TEBO. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : JELITA
NIM : 204200091
Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul : Strategi Guru Kelas Dalam Mengatas Kesulitan Belajar Siswa
Melalui Pembelajaran Heuristik Di Sekolah Dasar Negeri
017/VII Desa Pintas Tuo Kecamatan Muara Tabir Kabupaten
Tebo
Penelitian ini membahas tentang strategi guru dalam membantu peserta didik untuk mengatasi
kesulitan belajar dengan strategi heuristik di Di Sekolah Dasar Negeri 017/VII Desa Pintas Tuo
Kecamatn Muara Tabir Kabupaten Tebo. Kajiannya dilatar belakangi dengan strategi heuristik yang
diterapkan di Di Sekolah Dasar Negeri 017/VII Desa Pintas Tuo Kecamatn Muara Tabir Kabupaten
Tebo. Strategi heuristik dipilih karena Strategi ini didasarkan pada pengelolahan materi pelajaran
oleh peserta didik dengan bantuan guru. Dimaksud dengan pengelolahan materi pelajaran adalah
materi pelajaran yang tidak disajikan secara tuntas oleh pendidik dengan maksud agar diolah sendiri
oleh peserta didik dengan bimbingan dari pendidik untuk mengembangkan keterampilan intelektual,
berpikir kritis dan mampu memecahkan masalah secara ilmiah. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian deskriftif kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan
dokumentasi. Dalam menganalisis data, menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik
kesimpulan. Sedangakan untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi teknik. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) Kesulitan
belajar yang dialami peserta didik kelas V A tidaklah sama bisa bisa berasal dari faktor internal
maupun eksternal. 2) Strategi heuristik yang digunakan untuk mengatasi kesulitan belajar di kelas V
A Di Sekolah Dasar Negeri 017/VII Desa Pintas Tuo Kecamatn Muara Tabir Kabupaten Tebo
adalah strategi heuristik inquiry. Dalam penerapannya strategi ini berpusat pada peserta didik dan
guru hanya sebagai fasilitator saja. Sehingga menggugah rasa ingin tahu serta antusias siswa dalam
belajar. 3) Hasil dari penerapan strategi heuristik dalam membantu kesulitan belajar peserta didik ini
terbilang efektif dilihat dari semangat serta antusias siswa saat sedang belajar.
Kata Kunci: Strategi Guru, Kesulitan Belajar, Strategi Heuristik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 07:40 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 07:40 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2990 |