Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN MODEL INKUIRI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 116 BANGKO

Nurlita, Sella (2023) PENERAPAN MODEL INKUIRI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 116 BANGKO. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Sella Nurlita
204190064
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Nim
Program Studi

:
:

Judul : Penerapan Model Inkuiri Pada Pembelajaran
Tematik Untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu
Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 116 Bangko
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa dengan
menggunakan model inkuiri kelas V di Sekolah Dasar Negeri 116 Bangko.
Berdasarkan studi pendahuluan diketahui bahwa rasa keingintahuan dalam
Pelajaran tematik tema 9 subtema 1 pembelajaran siswa kelas V di Sekolah Dasar
Negeri 116 Bangko masih rendah. Penyebabnya guru kurang efektif dalam memilih
dan menerapkan model yang tepat dalam pembelajaran tematik, dan Guru kurang
membimbing peserta didik untuk memperoleh pengetahuan secara mandiri.
Penerapan model inkuiri merupakan salah satu model yang tepat untuk memberikan
solusi yang tepat dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui: 1) Membantu meningkatkan rasa ingin tahu siswa dalam memahami
materi pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri pada siswa kelas V di
Sekolah Dasar Negeri 116 Bangko. 2) Meningkatkan hasil belajar siswa dengan
menerapkan model inkuiri kelas V di Sekolah Dasar Negeri 116 Bangko.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
model Kemmis dan Taggart yang dilakukan dengan dua siklus. Dalam siklusnya
terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes tertulis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan model inkuiri dilakukan dengan
optimal, ditunjukkan dengan persentasi keberhasilan siswa pada pra siklus
memperoleh 57% pada siklus I memperoleh ketuntasan 60%, dan siklus II
memperoleh ketuntasan 89,75% dengan kategori sangat baik. 2) Hasil observasi
aktivitas siswa sebesar sebesar 57% dan mengalami peningkatan pada siklus II
sebesar 89,75%. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik
tema 9 subtema 1 pembelajaran 1.
Kata kunci : Rasa ingin tahu, model inkuiri

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 12 Aug 2025 04:41
Last Modified: 12 Aug 2025 04:41
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2981

Actions (login required)

View Item
View Item