Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 KOTA JAMBI

Ariska, Riski (2023) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Riski Ariska
Program Studi : Tadris Biologi
Judul : Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa
Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPA di Madrasah
Tsanawiyah Negeri 5 Kota Jambi

Skripsi ini membahas tentang pengetahuan untuk mengetahui Hubungan gaya
belajar siswa secara umum Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPA di Madrasah
Tsanawiyah Negeri 5 Kota Jambi. Dengan melakukan penelitian pada hubungan
Gaya Belajar dengan Hasil Belajar SiswaKelas VII Pada Mata Pelajaran IPA di
Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kota Jambi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk

melihat seberapa besar nilai rata-rata gaya belajar, melihat seberapa besar nilai rata-
rata hasil belajar siswa, dan seberapa besar nilai rata-rata yang signifikan hubungan

gaya belajar dengan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPA di MTs
N 5 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Di hasil akhir
penelitian ini akan diukur dan disajikan dalam bentuk angka dan pengolahan
datanya dengan menggunakan statistik sertamenggunakan metode penelitian
korelasi. Penelitian ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis statistik antara variabel
X (gaya belajar) dan variabel Y (hasil belajar) diperoleh korelasi terdapat hubungan
gaya belajar dengan hasil belajar siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 5
Kota Jambi, yang dikategori sedang dengan kontribusi sebesar 63% sedangkan
selebihnya 37% dipengaruhi oleh faktor selain gaya belajar, sepertifaktor internal
dan faktor eksternal. Hasil penelitian ini menyarankan agar hendaknnya dalam
proses mengajar mengajar guru hendaklah mengenali gaya belajar setiap siswanya,
guru saat mengajar hendaklah dapat menggunakan metode yang sesuai dengan gaya
belajar siswanya. Dan juga seseorang jika ingin berhasil dalam belajar maka
kenalilah gaya belajar diri sendiri dan mampu menerapkannya gaya belajarnya saat
belajar.
Kata kunci: Gaya belajar, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 12 Aug 2025 04:26
Last Modified: 12 Aug 2025 04:26
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2976

Actions (login required)

View Item
View Item