Aisyah, Siti (2023) PENERAPAN METODE BERMAIN DAN BERNYANYI DALAM PERKEMBANGAN LITERASI AWAL ANAK USIA DINI DI PAUD AR-RAHMAN BENTENG KECAMATAN SUNGAI BATANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR PROVINSI RIAU. Masters thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah jenis
penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data
menggunakan model Miles dan Huberman, teknik keabsahan data
menggunakan triangulasi data teknik analisis data yang digunakan adalah
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini
dilakukan di PAUD Ar Rahman Benteng Kecamatan Sungai Batang
Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau. Subjek dalam penelitian ini yaitu
guru yang mengajar di kelas B usia 5-6 tahun, sedangkan yang menjadi
informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru di PAUD Ar
Rahman Benteng Kecamatan Sungai Batang Kabupaten Indragiri Hilir
Provinsi Riau.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan bahwa
penerapan metode bermain dan bernyanyi dalam pengembangan literasi
awak anak di PAUD Ar Rahman Benteng, sudah terlaksana dengan baik.
Hasil pencapaian sesuai perkembangan literasi awal anak anak yaitu
diukur dari indikator pencapaian perkembangan anak lingkup
perkembangan literasi membaca anak usia 5-6 tahun. Antara lain yaitu
anak dapat menyebutkan simbol-simbol huruf, menceritakan gambar yang
ada dalam buku, menunjukan perilaku senang membaca buku-buku yang
dikenal, mengenal huruf awal dari nama benda yanga ada disekitarnya,
membaca namanya sendiri. Sedangkan indikator pencapaian literasi
menulis anak usia 5-6 tahun diantaranya: yaitu anak mampu menulis
namanya sendiri, mampu menulis dan menunjukan bentuk simbol huruf
pramenulis, membuat gambar dengan tulisan yang sudah berbentuk
huruf atau kata. Penerapan metode bermain dan bernyanyi anak usia dini
5-6 tahun di Paud Ar Rahman Benteng, dilakukan setiap hari.
Faktor pendukung metode bermain dan bernyanyi dalam
pengembangan literasi awal anak usia dini di Paud Ar Rahman Benteng
adalah alat dan media pembelajaran literasi, keterampilan guru, dan
siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kesehatan, suasana hati
anak dan ruangan kelas yang akan digunakan.
Kata Kunci: Metode bermain dan bernyanyi, perkembangan,literasi,
dan anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 02:31 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 02:31 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2950 |