Roynaldi, Roynaldi (2024) IMPLEMENTASI METODE ACTIVE-LEARNING TYPE TRUE OR FALSE DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MERANGIN JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Roynaldi
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Judul : Implementasi Metode Active-Learning Type True Or False dalam
pembelajaran fiqih Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Merangin
Skripsi ini di latar belakangi oleh banyaknya guru yang belum menerapkan Metode
Active-Learning Type True Or False secara maksimal dan dan masih banyak juga
siswa yang tidak aktif dan kurangnya motivasi belajar siswa dalam mengikuti
pembelajaran, hal ini dilihat dari banyaknya siswa yang tidak aktif dalam belajar, di
dalam kelas terdapat beberapa siswa yang pokus terhadap penjelasan guru dan ada
beberapa siswa lainya asik dengan kegiatan sendiri, sehinggga dalam peroses belajar
mengajar yang aktif itu belum tercipta secara optimal dan maksimal. Penelitian ini
menngunakan pendekatan kualitatif yang membahas terkait Pengimplementasikan
Metode Active-Learning Type True Or False dalam pemebalajaran Fiqih di Madrasah
Aliyah Negeri 1 Merangin Jambi. Selain bertujuan untuk mengetahui implementasi
Metode Active-Learning Type True Or False, penelitian ini juga bertujuan untuk
mengetahui apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat serta apa solusi yang
dilakukan dalam menghadapi kendala dalam implementasi Metode Active-Learning
Type True Or False dalam pembelajaran fiqih Madrasah Aliyah Negeri 1 Merangin.
Active-Learning merupakan Metode pembelajaran yang dimaksudkan untuk
mengembangkan kemampuan secara aktif menggunakan berbagai metode dan strategi
belajar. Sedangkan True or False adalah strategi pembelajaran dengan menggunakan
kartu yang berisi pertanyaan-pertanyaan benar dan salah yang di berikan kepada
masing-masing suswa untuk di jawabnya. Intrumen yang digunakan dalam penelitian
ini adalah dengan menggunakan Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Observasi
dilakukan dengan mengamati guru Fiqih melakukan peroses pembelajaran di kelas.
Wawancara di lakukan kepada kepala sekolah, guru fiqih dan siswa Madrasah Aliyah
Negeri 1 Merangin Jambi. Sedangkan dokumentasi berupa dokumen Madrasah dan poto
selama kegiatan penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan Pengimplementasikan
Metode Active-Learning Type True Or False dalam pembelajaran Fiqih di Madrasah
Aliyah Negeri 1 Merangin Jambi. Masih terdapat beberapa kendala seperti siswa masih
enggan menyampaikan pendapat, latar belakang bagi siswa, waktu pembelajaran dan
fasilitas dalam pembelajaran.
Kata kunci: Metode Active-Learning Type True Or False, Fiqih
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 04:43 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 04:43 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2945 |