Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

ANALISIS RENDAHNYA MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH BANK SYARIAH DESA MEKARSARI KECAMATAN KUMPEH KABUPATEN MUARO JAMBI

Fatoni, Ahmad (2024) ANALISIS RENDAHNYA MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH BANK SYARIAH DESA MEKARSARI KECAMATAN KUMPEH KABUPATEN MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Perkembangan suatu lembaga tidak terlepas dari peran masyarakat itu
sendiri, selain kualitas, lembaga juga harus memberikan prioritas kepada
masyarakat, konsumen atau nasabah untuk menjaga kelangsungan suatu
lembaga atau instansi tersebut. Kegiatan lembaga perbankan syariah harus di
lakukan semaksimal mungkin dalam memperkenalkan produk-produk dan
jasa-jasa yang di tawarkan perbankan syariah dengan tujuan menambah atau
bahkan meningkatkan minat dan kepercayaan masyarakat. Berkaitan dengan
penelitian ini, skripsi ini bertujuan untuk mengetahui kurangnya minat
masyarakat memilih produk perbankan syariah. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kualitatif dan metode teknik pengumpulan data adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan 30 responden yang
ada di Desa Mekar Sari Kecamatan Kumpeh yang terdri dari berbagai profesi.
Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan sebanyak 8 responden menyatakan
tertarik dengan bank syariah akan tetapi hanya terdapat 3 responden saja yang
sudah menggunakan jasa dari perbankan syariah, dan sisanya 14 responden
tidak berminat dan menggunakan jasa perbankan konvensional kemudian 8
responden yang tidak menanggapi karena mereka berasumsi bahwa bank
syariah dan bank konvensional sama saja. Berdasarkan analisis data dari
penelitian tersebut bahwa pemahaman masyarakat tentang perbankan syariah
masih dirasa kurang. Sedangkan untuk faktor penyebab rendahnya minat
masyarakat terhadap perbankan syariah yaitu dari faktor internal dan
eksternal antara lain dari faktor kepribadian, motivasi, sikap kepercayaan,
gaya hidup, agama, pengalaman, keluarga, budaya, masyarakat dan
pelayanan. Dari sejumlah faktor tersebut yang menjadi penyebab faktor
utama yang paling dominan ialah faktor kepercayaan dan masyarakat itu
sendiri.

Kata Kunci: minat, masyarakat dan bank syariah

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 11 Aug 2025 04:42
Last Modified: 11 Aug 2025 04:42
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2944

Actions (login required)

View Item
View Item