Apriana, Shufy (2024) IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) PADA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH ASAS ISLAMIYAH KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Shufy Apriana
Nim : 201200087
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Judul : Implementasi Metode Role Playing (Bermain Peran) Pada
Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah
Tsanawiyah Asas Islamiyah Kota Jambi
Penelitian ini dilatar belakangi dari pelaksanaan pembelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam dengan minat belajar yang masih rendah, ada faktor
penghambat yaitu metode pembelajaran yang kurang tepat, karena itu upaya yang
dilakukan oleh guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatakan minat
belajar siswa melalaui metode Role Playing. Adapun rumusan masalah dalam
penelitian ini yaitu: bagaimana pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam di Madrasah Tsanawiyah Asas Islamiyah Kota Jambi. Apa faktor
penghambat pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah
Kota Jambi, dan Bagaimana upaya guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam
meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
melalui metode Role Playing di Madrasah Tsanawiyah Asas Islamiyah Kota
Jambi. Dalam penelitian ini adapun teknik pengumpilan data yaitu dengan
observasi, wawancara, dan dokumentasi, hasil penelitian yaitu Pelaksanaan
pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Asas Islamiyah
Kota Jambi dengan minat belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam masih
rendah, hal ini dikarenakan karakteristik mata pelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam yang cenderung guru yang bercerita menyebabkan siswa kurang aktif dalam
pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan selama proses pembelajaran. Faktor
penghambat pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yaitu metode pembelajaran
yang kurang tepat, kurangnya minat belajar Sejarah Kebudayaan Islam dari
peserta didik, perbedaan kemampuan siswa dalam menerima materi pembelajaran,
dan Upaya guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar
pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan metode
Role Playing mengalami keberhasilan. Hal tersebut dapat dilihat sebagai berikut
Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam menjadi menyenangkan, serta
Pembelajaran menjadi tidak membosankan, dan peserta didik tertarik dalam
pembelajaran.
Kata Kunci : Penerapan Metode Role Playing , Minat Belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 04:40 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 04:40 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2943 |