Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK PADA MATERI GAYA DAN GERAK

Pramita, Cici (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK PADA MATERI GAYA DAN GERAK. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Cici Pramita
NIM : 206200015
Program Studi : Tadris Fisika
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry
Terhadap Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik
Pada Materi Gaya dan Gerak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Argument Driven
Inquiry terhadap kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik pada materi gaya
dan gerak. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan desain
posttest only control group. Sampel penelitian terdiri dari kelas XI Fase F3
sebagai kelas eksperimen dengan 34 peserta didik dan kelas XI Fase F5 sebagai
kelas kontrol dengan 32 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah
instrumen tes berupa soal essai, dengan pengumpulan data menggunakan soal
posttest yang terdiri dari 4 soal essai. Data dianalisis menggunakan aplikasi SPSS
Statistics 20 dengan tahapan pengujian uji Normalitas, uji Homogenitas, uji
Hipotesis (uji T-Independent), dan uji Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan
nilai Thitung sebesar 7.318, yang lebih besar dari Ttabel sebesar 1,66901, dengan
nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh
model pembelajaran Argument Driven Inquiry terhadap kemampuan argumentasi
ilmiah peserta didik pada materi gaya dan gerak. Dengan demikian, H1 diterima
dan H0 ditolak. Selain itu, pada uji Effect Size diperoleh nilai sebesar 1,8 > 1,00,
yang menunjukkan bahwa model Argument Driven Inquiry memberikan pengaruh
kuat terhadap kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik
Kata Kunci: Model Argument Driven Inquiry, Kemampuan Argumentasi, Materi
Gaya dan Gerak

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 11 Aug 2025 04:38
Last Modified: 11 Aug 2025 04:38
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2942

Actions (login required)

View Item
View Item