Damayanti, Ripa (2023) IMPLEMENTASI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN DARUL ARIFIN SUNGAI DUREN. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Ripa Damayanti
Jurusan : Manajemen Pendidikan Islam
Judul : Implementasi Pemasaran Jasa Pendidikan di Pondok Pesantren
Darul Arifin Sungai Duren
Skripsi ini membahas tentang Bagaimana Implementasi Pemasan Jasa
Pendidikan Di Pondok Pesantren Darul Arifin Sungai Duren. Yang menjadi
tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui Bagaimana Perencanaan Pemasaran
di Pondok Pesantren Darul Arifin, Bagaimana Pelaksanaan Pemasaran di Pondok
Pesantren Darul Arifin, dan untuk mengetahui Bagaimana Evaluasi Pemasaran di
Pondok Pesantren Darul Arifin Sungai Duren. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah Pimpinan
Pondok Pesantren Darul Arifin, Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik keabsahan data yang
dipakai yaitu triangulasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan
model interaktif meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang dilakukan peneliti terhadap Pondok Pesantren Darul
Arifin Sungai Duren menunjukkan 1) Perencanaa pemasaran di Pondok Pesantren
Darul Arifin Sungai Duren di lakukan beberapa tahap yang pertama identifikasi
pasar, kedua segmentasi pasar, ketiga Diferensasi pasar, keempat kemonikasi
pemasaran dan kelima pelayanan Pendidikan, dilihat dari beberapa tahap tersebut
Pondok Pesantren Sudah melakukan Perencanaan pemasaran yang baik. 2)
Pelaksanaan pemasaran di Pondok Pesantren Darul Arifin Sungai Duren
menggunakan bauran pemasaran 7P yaitu: Produk, Harga, Tempat, Promosi,
orang, bukti fisik, dan proses. Dari pelaksanaan pemasaran Pondok Pesantren
Darul Arifin sudah melakukan pelaksanaan dengan baik. Pelaksanaan pemasaran
di Pondok Pesantren Darul Arifin Sungai Duren menggunakan bauran pemasaran
7P yaitu: produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik, dan proses. Dari
pelaksanaan pemasaran Pondok Pesantren Darul Arifin sudah melakukan sesuai
den. 3) Evaluasi pemasaran di Pondok Pesantren Darul Arifin Sungai Duren
menggunakan beberapa tahap yaitu di antaranya: rencana Kontrol tahunan,
kebutuhan masyarakat, audit pemasaran (tujuan pemasaran).
Kata kunci: Marketing Pendidikan, Bauran Pemasaran, Pondok Pesantren Darul
Arifin Sungai Duren.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 03:55 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 03:55 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2930 |