Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGARUH EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP LITERASI SAINTIFIK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

Ratna Puri, Tasa (2024) PENGARUH EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP LITERASI SAINTIFIK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Tasa Ratna Puri
Program Studi : Tadris Fisika
Judul : Pengaruh Experiential Learning Terhadap Literasi

Saintifik Pada Materi Usaha dan Energi

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak terukurnya literasi saintifik fisika
PESERTA DIDIK. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui
pengaruh Experiential Learning terhadap literasi saintifik fisika PESERTA
DIDIK kelas X SMK N 3 Tanjung Jabung Barat pada materi usaha dan energi.
penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan
adalah quasi experiment dengan desain penelitian posttest-only control group
design.. Sampel penelitian ini adalah kelas X TKRO 1 yang berjumlah 26 peserta
didik dan X TKRO 2 yanng berjumlah 26 peserta didik. Pengujian instrumen
dilakukan di sekolah yang sama, yaitu pada kelas X TEI yang berjumlah 22
peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes posttest
berupa soal essay sebanyak 8 butir soal. Data yang didapat dianalisis
menggunakan bantuan aplikasi SPSS dengan beberapa tahap pengujian yaitu : uji
normalitas, uji homogenitas, uji Hipotesis (Uji T-Independent), dan uji effect size.
Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan T-test dengan taraf signifikansi 5%
maka didapat Thitung 3,711 > Ttabel 1,6759, dan nilai signifikansi < dari nilai alpha
atau 0,001 < 0,005. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0
ditolak, yaitu adanya pengaruh model pembelajaran Experiential Learning
terhadap Literasi Saintifik peserta didik pada materi Usaha dan Energi. Selain itu
didapat juga hasil perhitungan effect size sebesar 1,05 > 1,00 yang artinya model
pembelajaran Experiential Learning memberikan pengaruh yang kuat terhadap
kemampuan literasi saintifik peserta didik
Kata Kunci: Experiential Learning, Literasi Saintifik, Usaha dan Energi

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 11 Aug 2025 03:52
Last Modified: 11 Aug 2025 03:52
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2929

Actions (login required)

View Item
View Item