Wahyuni, Putri (2024) PENERAPAN METODE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Putri Wahyuni
NIM : 204200005
Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul : Penerapan Metode Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan
Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan
Sosial Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi
Skripsi ini membahas tentang bagaimana penerapan dan mengetahui apakah metode
snowball throwing dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV pada mata
pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro
Jambi. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan
keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial
menggunakan metode Snowball Throwing di kelas IV C Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4
Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), Penelitian ini
memfokuskan pada proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial dengan
menggunakan metode Pembelajaran Snowball Throwing. Teknik pengumpulan data
melalui wawancara, observasi, angket (kuisioner) dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan analisis deskriptif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan 2 siklus. Setiap
siklus terdiri dari dua pertemuan dan evaluasi pada pembelajaran. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan
metode Snowball Throwing dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial
diperoleh persentase pra siklus skor keaktifan belajar siswa kelas IV sebesar 2,22 dengan
kategori “Kurang Aktif”. Setelah dilakukan tindakan siklus I skor nilai keaktifan belajar
siswa menjadi 3,1 dengan kategori “Cukup Aktif” dengan jumlah siswa yang aktif
sebanyak 3 siswa, siswa yang cukup aktif sebanyak 10 siswa dan siswa yang kurang aktif
sebanyak 9 siswa dan meningkat secara segnifikan setelah dilakukan siklus II dengan
skor nilai keaktifan belajar siswa menjadi 4,15 dengan kategori “Aktif” dengan jumlah
siswa cukup aktif sebanyak 7 siswa, siswa yang aktif sebanyak 11 siswa, dan siswa yang
sangat aktif sebanyak 4 siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan
metode Snowball Throwing dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata
pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro
Jambi.
Kata Kunci: Snowball Throwing, Keaktifan, IPAS
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 03:50 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 03:50 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2928 |