Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING DAN MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 MUARO JAMBI

Cendini Putri, Indah (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING DAN MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Nama : Indah Cendini Putri
Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul : Pengembangan E-Modul Berbasis STEM (Science,
Technology, Engineering Dan Mathematics) Untuk
Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa di
Madrasah Ibtidiyah Negeri 4 Muaro Jambi.

Abad 21 menuntut kemampuan yang harus dikuasai oleh seorang siswa yaitu dapat berpikir
kritis, kreatif, mampu berkomunikasi dan berkolaborasi. Skripsi ini membahas tentang
prosedur pengembangan e-modul, bagaimana kelayakan pengembangan e-modul, dan
apakah efektivitas pengembangan e-modul berbasis STEM (Science, Technology,
Engineering dan Mathematics) untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas
IVC MIN 4 Muaro Jambi. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui prosedur, kelayakan,
efektivitas pengembangan menggunakan e-modul pada pembelajaran IPAS. Penelitian ini
merupakan Research and Development proses pengembangan e-modul menggunakan 4
tahapan dari model pengembangan 4D. Tahap-tahap tersebut diantaranya define
(pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), disseminate
(penyebaran). Sebelum melaksanakan pembuatan desain dan perancangan materi, peneliti
terlebih dahulu melakukan riset terkait kebutuhan dilapangan. Setelah itu peneliti
melakukan pendesainan produk menggunakan aplikasi canva. Kemudian peneliti
melakukan uji validasi untuk mengetahui kevalidan produk, pada ahli media mendapatkan
persentase 97,5%, ahli materi 92,5% dan ahli Bahasa 85% yang termasuk dalam kategori
sangat valid. Setelah itu peneliti melakukan uji coba produk kepada kelompok kecil yang
terdiri dari 6 orang siswa kelas IVB MIN 4 Muaro Jambi mendapatkan persentase 81,66%
sedangakan uji coba produk lapangan yang terdiri dari 22 orang siswa kelas IVC MIN 4
Muaro Jambi mendapatkan persentase 85,45 yang termasuk dalam kategori baik.
Kelayakan e-modul dalam pembelajaran IPAS diperoleh melalui penilaian guru mata
pelajaran IPAS dan mendapatkan persentase 97,5% yang termasuk dalam kategori sangat
layak digunakan tanpa revisi. Kemampuan literasi sains siswa kelas IVC MIN 4 Muaro
Jambi diketahui melalui penilaian dari instrument angket yang disebar peneliti sebelum dan
sesudah penggunaan e-modul. Kemampuan literasi sains siswa diperoleh skor 60,45% yang
termasuk dalam kategori cukup, adapun hasil angket setelah penggunaan e-modul
diperoleh skor 85,45% yang termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan analisis N-gain
diperoleh nilai 63% yang termasuk dalam kategori cukup efektif, dapat disimpulkan bahwa
bahan ajar e-modul cukup efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains
siswa.
Kata kunci : literasi Sains Siswa, E-Modul, STEM

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 11 Aug 2025 03:48
Last Modified: 11 Aug 2025 03:48
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2927

Actions (login required)

View Item
View Item