Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

THE EFFECTIVENESS OF GOOGLE CLASSROOM FOR TEACHING ENGLISH IN SENIOR HIGH SCHOOLS IN TEBO REGENCY

Munawar, Mahmud (2024) THE EFFECTIVENESS OF GOOGLE CLASSROOM FOR TEACHING ENGLISH IN SENIOR HIGH SCHOOLS IN TEBO REGENCY. Masters thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini mendiskripsikan The Effectiveness of Google
Classroom for Teaching English in Senior High Schools in Tebo
Regency seperti: implementasi pembelajaran Bahasa Inggris yang
mana Google Classrom digunakan sebagai media atau Learning
Management System (LMS). Novelti pada penelitian ini adalah efektifitas
penggunaan media Google Classroom sebagai media dan LMS dalam
pemebelajaran tatap muka. Penelitian ini difokuskan pada efectivitas
Google Classroom sebagai aplikasi yang membantu proses
pembelajaran Bahasa Inggris, seperti fitur apa saja yang sangat
membantu pembelajaran, sejauh mana efektifitas Google Classroom,
dan kelebihan dan kekurangannya. Penelitian ini adalah penelitian
kualitatif, mengimplementasikan model QAIT dari Slavin (2017) untuk
mengevaluasi efektivitas Google Classroom di pengajaran bahasa
Inggris, yang melibatkan empat guru dan 15 siswa. Pengumpulan data
dilakukan melalui observasi proses belajar mengajar di kelas, memeriksa
fitur Google Classroom para guru dan wawancara dengan guru.. Data
diolah menggunakan metode Miles dan Huberman dan dianalisa dengan
menggunakan teknik narrative. Penelitian dilakukan pada guru-guru
Bahasa Inggris di dua SMA di Kabupaten Tebo Provinsi Jambi, yang
telah menggunakan Google Classroom semenjak Pembelajaran Jarak
Jauh (PJJ) dimasa Pandemi COVID-19. Dengan pembelajaran tatap
muka saat ini, Google Classroom media pembelajaran. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa : Secara umum penggunaan Google Classroom
sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Kabupaten Tebo
efektif, fitur mengirim materi dan mengirim tugas adalah fitur yang paling
banyak digunakan oleh guru. Dengan fitur mengirim materi, mereka bisa
menyiapkan materi dengan mudah kepada siswa sebelum pembelajaran.
Dan dengan fitur mengirim tugas, mereka bisa melakukan penilaian
dengan efisien. Penggunan Google classroom juga sangat efektif karena
bisa mengurangi penggunaan buku dan kertas, sebagai sarana
komunikasi dan sebagai manajemen kelas. Namun, penggunaan Google
Classroom tidak bisa mengganti pembelajaran tatap muka, tampilan
Google Classroom yang sederhana juga kurang menarik minat siswa
untuk sering membukanya, gangguan jaringan internet juga masalah
yang masih dihadapi oleh guru dan siswa untuk mengakses Google
Classroom.
Kata Kunci : Google Classroom, E- Learning, Teaching English

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Pascasarjana > Magister Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 11 Aug 2025 03:42
Last Modified: 11 Aug 2025 03:42
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2924

Actions (login required)

View Item
View Item